Rotterdam, Belanda (ANTARA News) - Feyenoord meraih kemenangan telak dalam laga pekan ke-26 Eredivisie Liga Belanda dengan membungkam AZ Alkmaar 5-2 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Minggu.

Kemenangan itu kian mengkokohkan posisi tim besutan Giovanni van Bronckhorst tersebut di puncak klasemen sementara Eredivisie dengan raihan 66 poin, sedangkan AZ (38) harus melorot ke urutan ketujuh.

Feyenoord kini terpaut tujuh poin dari Ajax (59) yang berada di urutan kedua dan belum memainkan laga pekan ke-26 mereka.

Nicolai Jorgensen menjadi bintang kemenangan Feyenoord dengan mencetak trigol serta mengirimkan assist untuk kedua gol tuan rumah lainnya yang dicetak Jens Toornstra dan Dirk Kuyt, sedangkan AZ membalas lewat Derrick Luckassen serta Wout Weghorst.

Jorgensen membuka pesta gol Feyenoord dengan menyelesaikan umpan terobosan Rick Karsdorp dan menyarangkannya ke sudut kiri bawah gawang pada menit 11.

Jorgensen mengirimkan umpan matang yang berhasil diselesaikan Toorsntra untuk menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit 21.

Pada menit 59, Feyenoord memperbesar keunggulan menjadi 3-0 saat kapten mereka, Kuyt, mencetak gol dengan tendangan dari sudut sempit setelah menerima umpan dari Jorgensen.

AZ memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 1-3 lewat tandukan Luckassen menyambut umpan silang Dabney dos Santos dalam situasi bola mati.

Namun Feyenoord kembali menjauh setelah Jorgensen menyarangkan bola dari titik putih, usai dilanggar Luckassen di dalam area terlarang pada menit 80.

Dua menit berselang, Jorgensen melengkapi raihan trigolnya serta gol kelima Feyenoord di laga tersebut dengan sepakan kaki kanan memanfaatkan bola sodoran Toorsntra.

Di pengujung pertandingan AZ kembali mendapatkan gol hiburan saat Weghorst menyelesaikan umpan Dos Santos demi mengubah kedudukan akhir menjadi 2-5.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer (PG); Rick Karsdorp, Eric Botteghin, Jan-Arie van der Heijden, Miquel Nelom; Karim El Ahmadi, Dirk Kuyt (bart Nieuwkoop), Tonny Vilhena; Steven Berghuis (Emil Hansson), Nicolai Jorgensen (Michiel Kramer), Jens Toornstra
Pelatih: Giovanni van Bronckhorst

AZ Alkmaar (4-3-3): Tim Krul (PG); Jonas Svensson, Ron Vlaar (Fred Friday), Derrick Luckassen, Ridgeciano Haps; Mats Seuntjens, Joris van Overeem, Stijn Wuytens; Alireza Jahanbakhsh, Wout Weghorst, Levi Garcia (Dabney Dos Santos)
Pelatih: John van den Brom

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017