Ini komitmen kita bersama untuk menjaga cagar biosfer Giam Siak Kecil."
Pekanbaru (ANTARA News) - Ratusan warga Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyepakati pakta integritas guna melindungi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu yang rawan aksi pembalakan kayu secara liar.

"Kita bersama TNI mendorong pembentukan pakta integritas melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah untuk melindungi Cagar Biosfer," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono yang dihubungi dari Pekanbaru, Senin.

Hadi menuturkan bahwa pakta integritas itu disepakati setelah dibahas bersama masyarakat di Kantor Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Desa Bukit Kerikil itu merupakan salah satu pintu masuk menuju kawasan inti Cagar Biosfer yang kondisinya memprihatinkan akibat pembalakan kayu secara liar.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dalam pakta integritas turut melahirkan komitmen bersama untuk menjaga kawasan hutan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil - Bukit Batu.

Kemudian, menurut dia, masyarakat bersama TNI dan Polri sepakat membentuk satuan tugas (satgas) gabungan mencegah kembali adanya aksi pembalakan kayu secara liar.

"Ini komitmen kita bersama untuk menjaga cagar biosfer Giam Siak Kecil. Kita juga akan membuat palang pintu masuk ke kawasan inti Cagar," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kesepakatan itu bersifat mengikat agar seluruh pihak memberikan andil menjaga hutan dari pembalakan liar.

Pembalakan kayu secara liar, dikemukakannya, di Cagar Biosfer masih menjadi masalah utama penegak hukum di Provinsi Riau, karena para pelaku menjarah kayu-kayu bernilai tinggi secara rapi dan terstruktur.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Zulkarnain juga mengaku geram dengan keberadaan pelaku pembalakan kayu secara liar.

Bahkan, ia mengultimatum kepada jajarannya, termasuk Direktorat Kriminal Khusus, agar segera mengungkap aksi pembalakan kayu secara liar sekaligus meringkus pemodal atau cukong di balik aksi perusakan hutan.

Dalam tiga pekan terakhir, Polres Bengkalis telah menangkap tiga pelaku pembalakan kayu secara liar, dan seorang di antaranya diduga sebagai cukong.

Hadi berharap dengan adanya pakta integritas dengan melibatkan seluruh pihak tersebut maka pembalakan liar bisa ditekan.

"Mari sama-sama kita jaga, kita rawat hutan dan alam untuk melestarikannya," katanya menambahkan.

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017