Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Jakarta, Senin, guna membahas penanganan masalah terorisme di Indonesia.

"Pertemuan tadi membicarakan masalah terorisme dan radikalisme. Tadi juga dikatakan bahwa Amerika Serikat sangat konsen dengan masalah tersebut," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin.

Menurut dia, Amerika Serikat saat ini melihat Indonesia sebagai salah satu negara yang mendapatkan apresiasi dari negara-negara lain terkait perlawanannya terhadap terorisme. Oleh karena itu, Pemerintah AS bersedia untuk saling bertukar pengalaman dengan Indonesia mengenai langkah-langkah penanganan kejahatan tersebut.

"Kita juga berdiskusi tentang perkembangan keamanan nasional menghadapi Pilkada dan bagaimana perkembangan Islam di Indonesia," tambahnya.

Terkait dengan itu, Pemerintah AS dikatakan sangat mengapresiasi toleransi antarumat beragama yang sudah sejak lama terjalin di Indonesia, tutur Wiranto.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan hubungan Indonesia-AS selama 10 tahun terakhir berlangsung lebih intens, dimana pada 2010, Presiden AS Barack Obama datang ke Indonesia untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang.

Kemudian, pada 2015, Presiden Joko Widodo membalas kunjungan tersebut dan menyepakati kerja sama strategis, salah satunya di bidang pertahanan keamanan.

"Dengan adanya pemerintahan baru, oleh Presiden Donald Trump, tentu kita mengharapkan kerja sama yang sudah terjalin tetap dilanjutkan. Saya kira Duta Besar Amerika sepakat bahwa hubungan yang sudah baik itu jangan menjadi merosot tatkala berganti dengan pemerintahan yang baru," ujar Menko Polhukam.

(T.A073/I007)

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017