Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Litbang Kementan akan segera mengembangkan "agriculture drone" (drone untuk pertanian).

Hal ini dicetuskan dalam diskusi teknis di kantor BBP Mektan, Serpong Tangerang, Banten, Selasa (14/03).

Dalam keterangan persnya, Kepala BBP Mektan Andi Nur Alam Syah mengatakan bahwa agriculture drone sangat potensial dikembangakan di Indonesia sebagai negara agraris, sehingga diharapkan nantinya drone tersebut bisa membantu petani untuk meningkatkan hasil pertanian.

Diskusi tersebut menghadirkan tim pembuat drone atau UAV OS-Wifanusa yang diketuai oleh Y Paonganan bersama Ony Arifianto dan Christian Reyner. Tim OS-Wifanusa akan bekerjasama dengan BBP Mektan untuk merealisasikan pengembangan Agriculture Drone tersebut, dan diharapkan bisa terealisasi dalam tahun 2017 ini.

Hadir dalam diskusi tersebut Agung Prabowo selaku Kepala Divis Kerjasama BBP Mektan berserta seluruh perekayasa dan staf BBP Mektan Serpong yang mengharapkan kerjasama pengembangan "agriculture drone" bisa segera dijalankan dan direalisasikan sebagai sebuah karya anak bangsa untuk Indonesia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017