Puting beliung rusak puluhan rumah di Lampung Timur

Puting beliung rusak puluhan rumah di Lampung Timur

Ilustrasi--Sejumlah warga berada di antara bangunan rumah terdampak angin puting beliung di desa Terung, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (16/2/2017). Sekitar 250 rumah di wilayah itu mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Rabu (15/2/2017). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Lampung Timur (ANTARA News) - Badai angin puting beliung melanda sedikitnya dua kecamatan di Kabupaten Lampung Timur mengakibatkan puluhan rumah rusak berat akibat tertimpa pohon dan tersapu angin.

"Angin puting beliung melanda dua kecamatan, data saya wilayah yang terkena Kecamatan Margatiga dan Kecamatan Labuhanratu, kejadiannya sore ini," kata Eddy Siswanto, Ketua Taruna Siaga Bencana Lampung Timur saat dihubungi di Lampung Timur, Selasa malam.

Dia mengatakan angin puting beliung yang melanda beberapa desa di dua kecamatan itu mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa puluhan rumah.

"Data baru masuk, saya belum bisa sebutkan angka pasti berapa rumah yang rusak berat dan ringan tapi jumlahnya puluhan bahkan bisa ratusan, tapi sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa," kata dia.

Kasubag Humas Pemkab Lampung Timur Erdy Yuliandri dalam pesan singkatnya mengatakan curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sore ini menyebabkan terjadinya bencana angin puting beliung di sebagian wilayah Lampung Timur seperti yang melanda Kecamatan Sekampungudik, Labuhanratu dan Bumiagung.

Erdy mengatakan Pemkab Lampung Timur sudah melakukan langkah tanggap darurat atas peristiwa puting beliung yang terjadi sore ini.

Menurut dia, atas kejadian ini Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim sudah memerintahkan seluruh jajarannya mulai dari satuan kerja perangkat daerah, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial hingga camat dan perangkat desa agar tetap siaga dan membantu warga yang terkena musibah puting beliung tersebut.

"Camat dan jajaran diminta siaga, sebab puting beliung acap datang akhir akhir ini. Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial segera bergerak untuk membantu warga yang terkena musibah," kata Chusnunia Chalim seperti disampaikan Kasubbag humas Lampung Timur itu.

Terkait ketersediaan buffer stock di Dinas Sosial Lampung Timur dalam penanganan bencana, Chusnunia Chalim menyatakan "buffer stock" cukup tersedia.

Untuk diketahui, katanya, buffer stock yang ada di Lampung Timur saat ini diperkirakan masih cukup untuk menangani berbagai bencana yang ada di Lampung Timur seperti banjir dan puting beliung.

Ketersediaan stok beras pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur mencapai 100 ton.

Pewarta: Muklasin/Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Pemkab Kubu Raya gelar konsolidasi penanganan dampak La Nina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar