KPU tetapkan Dominggus Gubernur terpilih Papua Barat

KPU tetapkan Dominggus Gubernur terpilih Papua Barat

KPU (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Manokwari (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Papua Barat menetapkan pasangan Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah 2017.

Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana pada pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih di Manokwari, Rabu, mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah berlangsung lancar dan aman.

Pihaknya bersyukur tidak ada sengketa antarkandidat maupun dengan Komisi Pemilihan Umum. "Kami mengapresiasi sikap pasangan Irene-Manaray dan Malak-Hindom yang legowo menerima hasil pilkada," kata dia.

Ia berterima kasih kepada Polda Papua Barat serta Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari yang membantu pengamanan selama tahapan pilkada berlangsung.

"Kami pun mengapresiasi peran pers karena telah menyampaikan informasi yang akurat serta tidak memancing emosi massa," kata dia.

Dia mengutarakan pasangan Dominggus-Lakotani pada pilkada tersebut unggul sebanyak 305.308 suara, disusul pasangan Malak-Hindom 137.484 suara dan pasangan Irene-Manaray 78.236 suara.

Dominggus-Lakotani, lanjut Amus mendominasi 58,2 persen suara pemilih di Papua Barat.

"Hari ini pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat sudah ditetapkan. Kami berharap tidak ada lagi yang mempersoalkan dan lebih mengedepankan pembangunan Papua Barat lima tahun ke depan, " sebut Amus.

Setelah penetapan tersebut, KPU akan menyerahkan berkas hasil pemilihan kepada DPR Papua Barat, Kamis.

Ia berharap berkas tersebut segera diproses ke Kementerian Dalam Negeri agar segera diterbitkan surat keputusan.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar