Malang (ANTARA News) - Pertarungan hidup mati pertandingan terakhir dari rangkaian babak reguler sekaligus menjadi penentu siapa tim-tim Proliga yang berhak melaju ke babak empat besar (final four) akan ditentukan di GOR Ken Arok Kota Malang.

Babak ketiga kompetisi Proliga Bola Voli 2017 digelar mulai Jumat-Minggu (17-19/3) di GOR Ken Arok Kota Malang, Jawa Timur.

"Pertarungan di Malang untuk menentukan siapa saja tim yang lolos ke babak empat besar ini sulit untuk dilewatkan, apalagi laga di Malang ini juga memperebutkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp15 juta sebagai juara putaran kedua, pasti ditunggu penggemar bola voli di Kota Malang," kata Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty di Malang, Kamis.

Di bagian putri, tiga tim sudah memastikan diri ke babak empat besar. Ketiganya adalah Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, dan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Satu tiket lagi diperebutkan dua tim lainnya, yakni Bandung Bank BJB Pakuan dan Gresik Petrokimia.

Sedangkan dua kontestan lainnya, Jakarta BNI Taplus dan Batam Sindo BVN sudah tidak mempunyai peluang sama sekali. Kiprah mereka sudah berakhir.

Pada laga reguler terakhir, Bank BJB akan menghadapi lawannya BVN, Jumat (17/3). Sedangkan Petrokimia bertemu lawan yang sangat berat, yaitu juara bertahan Elektrik PLN pada Sabtu (18/3). Siapa pun yang memenangi laga ini, dapat dipastikan akan lolos ke empat besar, sehingga laga ini merupakan duel hidup mati, meski tetap bergantung dengan hasil sebelumnya.

Saat ini, Petrokimia menduduki peringkat keempat dengan lima kemenangan, sedangkan Pakuan berada di urutan kelima dengan empat kemenangan.

Di bagian putra, tiga tim juga sudah memastikan diri lolos babak empat besar, yakni Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Bhayangkara Samator, dan Palembang Bank SumselBabel. Jumlah kemenangan ketiganya sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh tim-tim yang saat ini berada di urutan berikutnya.

Dua tim lainnya, Jakarta Elektrik PLN dan Jakarta BNI Taplus harus bertarung melawan lawan-lawan mereka untuk bisa lolos ke babak empat besar. PLN yang berada di urutan keempat sudah mendulang tiga kemenangan, sedangkan BNI menuai dua kemenangan dan menduduki peringkat kelima.

Kedua tim sama-sama akan menghadapi tim tuan rumah Samator. PLN bertemu pada Jumat (17/3), sedangkan BNI pada Minggu (19/3).

Manajer tim Surabaya Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno berharap hasil maksimal pada dua laga di Malang. "Pada putaran satu kami tidak terkalahkan dan juara. Pada putaran kedua agak tersendat, tapi kami berharap bisa menang dua pertandingan," ujarnya.

PLN juga akan bertemu Bank SumselBabel, sedangkan BNI berjumpa Pertamina. Satu tim lainnya, Batam Sindo BVN, harus lebih cepat angkat koper sebelum melakoni pertandingan pada babak ketiga Proliga Bola Voli 2017.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017