Timika (ANTARA News) - Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang menyatakan Mimika telah siap menjadi salah tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Papua.

"Mimika sudah siap 100 persen, hal-hal yang berkaitan dengan venue telah rampung dibangun dan tinggal menunggu perhelatan nanti," kata Wabup Mimika Yohanis Bassang di Timika, Papua, Jumat.

Perhelatan PON XX di Papua pada 2020 akan digelar di lima kabupaten dan satu kota di antaranya, Jayapura, Biak, Merauke, Jayawijaya dan Mimika.

Dari 38 cabang olahraga yang sementara telah ditentukan untuk dipertandingkan pada PON mendatang, 18 di antaranya akan digelar di Mimika antara lain atletik, bulu tangkis, dan golf.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi mengapresiasi kesiapan dan semangat Pemkab Mimika dalam menyambut PON.

Yusuf juga mengatakan bahwa semangat tinggi juga harus disertai dengan komitmen.

"Jangan semangat yang tinggi itu membuat staf itu terlena. Kerja, kerja dan kerja. Itu yang kita harapkan dari Kabupaten Mimika," katanya.

Ia menilai dari segi kesiapan venue, Mimika adalah salah satu kota penyelenggara yang sangat siap. Namun banyak hal yang masih perlu dipersiapkan di luar itu. Untuk itu pihaknya meminta agar Pemkab dapat memberikan dukungan penuh kepada Sub Pengurus Besar PON di Mimika termasuk dukungan pendanaan.

Pewarta: jeremias Rahadat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017