Gorontalo (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara akan menggelar Festival Bahari 2017 di Pelabuhan Gentuma di Kecamatan Gentuma Raya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo, Frits Ano, di Gorontalo, Jumat, mengatakan agenda pariwisata tersebut akan dibuka pada Sabtu (18/3).

"Rencananya, Festival Bahari sebagai agenda perdana pariwisata tahun 2017 ini akan dibuka langsung Wakil Bupati Roni Imran di lokasi Pelabuhan Gentuma," ujar Frits.

Festival tersebut ditargetkan meningkatkan kunjungan pariwisata di daerah itu.

Dalam festival itu juga akan diresmikan pulau Dokokayu yang berada tepat di depan dermaga Pelabuhan Gentuma sebagai salah satu objek wisata bahari.

"Kami berharap penyelenggaraan Festival Bahari mampu menyedot perhatian masyarakat khususnya wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi objek-objek wisata di daerah ini," ujar Frits.

Dinas Pariwisata melibatkan pemerintah desa dan kecamatan untuk menyukseskan agenda pariwisata tersebut.

Termasuk memberi ruang khusus bagi pelaku usaha kecil seperti penjual makanan ringan atau pun penjual makanan tradisional Gorontalo agar bisa berjualan di lokasi festival.

Selain menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, festival itu diharap mampu menghidupkan sektor riil termasuk berdampak langsung pada peningkatan perekonomian desa, khususnya Desa Pasalae dalam mengembangkan potensi pariwisatanya sebagai wilayah pesisir di bagian timur kabupaten itu.


Pewarta: Susanti Sako
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017