Aljier (ANTARA News) - Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika pada Minggu (19/3) mengatakan negara Afrika Utara tersebut masih menolak campur-tangan asing sebagai pilihan untuk mencapai setiap penyelesaian bagi konflik di wilayah itu.

Sebabnya, kata Bouteflika, itu akan mengarah kepada kekacauan lebih jauh dan bukan menyelesaikan krisis.

Pernyataan Bouteflika dikeluarkan dalam pertemuannya dengan Abdelkader Messahel, Menteri Urusan Maghribi, Uni Afrika dan Liga Arab, di kantornya.

Pernyataan tersebut yang dikeluarkan oleh Kantor Presiden mengatakan Bouteflika diberi laporan menyeluruh mengenai situasi dan perkembangan terkini di wilayah Arab dan Afrika termasuk di Sahel, Mali dan Libya.

Presiden Aljazair itu memberi panduan mengenai penyelesaian konflik, terutama di Libya, demikian laporan Xinhua, Senin siang. Panduan lain ialah penanganan tantangan dalam perang melawan terorisme, kata pernyataan tersebut.

Menurut Bouteflika, pembicaraan perdamaian dan perundingan politik antara semua pihak yang berperang mesti ditingkatkan sebagai satu-satunya cara memulihkan perdamaian dan keamanan.

Aljazair telah melancarkan upaya diplomatik untuk mendorong dialog perdamaian di Libya dan Mali, dua negara tetangga Aljazair yang dicabik perang.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017