Jakarta (ANTARA News) - Bagi kebanyakan orang yang ingin mempelajari bahasa asing, Bahasa Inggris menjadi suatu keharusan dan pilihan utama. Namun, selain Bahasa Inggris, masih ada bahasa-bahasa lain yang perlu Anda pelajari, yang tentunya berguna jika Anda ingin bekerja di luar negeri.

Apa sajakah?

1. Bahasa Mandarin

Sejak 2015, China menjadi rekanan bisnis terbesar untuk kebanyakan negara di dunia. Jika Anda ingin bekerja di Asia, belajar bahasa Mandarin tentu menjadi keharusan, agar Anda bisa bercakap-cakap tanpa hambatan pada penduduk di sana.

Ingat, meskipun pengucapan Bahasa Mandarin sangat kompleks, namun bahasa ini menggunakan struktur gramatikal yang relatif sederhana dan tidak memiliki konjugasi kata kerja atau perbedaan antara gender dan jumlah.

2. Bahasa Prancis

Prancis telah menjadi salah satu tujuan wisata di Eropa dan menguasai Bahasa Prancis menjadi hal bagus bagi turis, pemandu tur, manajer hotel dan semua yang terlibat dalam industri di wilayah itu.  

Bagi mereka yang mempelajari ilmu politik atau tertarik dengan bidang diplomasi, memahami Bahasa Prancis--bahasa resmi di PBB, Uni Eropa, Komite Olimpiade Internasional-- tentu menjadi nilai lebih.

Selain itu, masyarakat dari kawasan sub-Sahara Afrika juga bertutur dalam Bahasa Perancis, menjadikan penutur bahasa ini lebih banyak. Sudah memahami Bahasa Inggris atau Spanyol? karena kesamaan antara dua bahasa itu, maka studi Bahasa Perancis Anda akan jauh lebih mudah.

3. Bahasa Spanyol

Sekalipun belajar Bahasa Spanyol tak akan membuat Anda menonjol di Amerika Serikat, namun tak berarti mempelajari bahasa ini tak berguna samasekali.

Bahasa resmi di 21 negara itu , menjadi  bahasa di urutan kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Spanyol juga menjadi bahasa resmi PBB, Uni Eropa dan Organisasi Perdagangan Dunia, serta seringkali dimasukkan dalam Curriculum Vitae (CV) berbagai profesi mulai dari diplomat, politisi, imigran dan mereka yang terlibat di bidang pariwisata.

4. Bahasa Jerman

Bahasa Jerman menjadi bahasa resmi di sejumlah wilayah seperti Ausria, Swiss, Luxembourg dan Liechtenstein, menjadikannya sebagai bahasa ibu 18 persen masyarakat di Eropa.

Bahasa ini diajarkan secara luas di sekolah-sekolah menengah di seluruh dunia. Bahkan, sekitar 68 persen mahasiswa Jepang mempelajari Bahasa Jerman.

5. Bahasa Portugis

Bahasa ini digunakan di 11 negara dan wilayah termasuk Afrika, Goa (India), Portugal dan Brazil. Menambahkan kemampuan berbahasa ini dalam CV anda bisa menjadi langkah stretegis bila ingin bekerja di kawasan Amerila Latin.

Bahasa ini relatif tidak terlalu sulit untuk dipelajari, terutama jika Anda sudah mahir berbicara bahasa Roman (Bahasa Prancis, Spanyol, Italia). Demikian seperti dilansir laman resmi Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017