Ed Sheeran akan terima Songwriters Hall of Fame

Ed Sheeran akan terima Songwriters Hall of Fame

Penyanyi Ed Sheeran tiba di red carpet Grammy Awards ke-56 di Los Angeles, California, 26 Januari 2014. (REUTERS/Danny Moloshok)

Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi dan penulis lagu Ed Sheeran dinobatkan sebagai penerima penghargaan Hal David Starlight Award untuk Songwriters Hall of Fame 2017 yang akan digelar dalam acara makan malam penghargaan tahunan ke-48 pada 15 Juni di New York.

Hal David Starlight Awards diciptakan pada 2004 untuk menghormati penulis lagu Hal David sebagai cara untuk menghormati penulis lagu muda berbakat yang membuat dampak signifikan terhadap industri musik dengan komposisi musik asli.

Para penulis lagu yang sebelumnya menerima penghargaan itu adalah Nick Jonas, Nate Ruess, Dan Reynolds dari Imagine Dragons, Taylor Swift, John Legend, Alicia Keys, Ne-Yo, Drake, Benny Blanco, Jason Mraz, John Mayer, Rob Thomas dan John Rzeznik.

"Ed Sheeran telah membuat begitu banyak lagu dalam musik pop, dan sulit dipercaya dia baru berusia 26 tahun," kata penanggungjawab Songwriters Hall of Fame sekaligus legenda musik Philadelphia Kenneth Gamble dan Leon Huff, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Billboard.

"Dia bukan sensasi semalam, tetapi telah membenamkan dirinya dalam penulisan lagu, rekaman dan tampil di panggung sejak remaja. Bakat alaminya sebagai penyanyi, penulis lagu, gitaris dan produser telah membawanya kepada kesuksesan yang layak dia dapat," sambung dia.

Musisi lain yang akan mendapat penghormatan dalam gala Songwriters Hall of Fame tahun ini termasuk Pitbull yang menerima Global Ambassador Award, serta sejumlah orang yang ditunjuk menerima SHOF 2017 antara lain Kenneth "Babyface" Edmonds, Berry Gordy, Jimmy Jam & Terry Lewis, Robert Lamm & James Pankow p/k/a "Chicago," Max Martin dan  Shawn "Jay Z" Carter.

Billboard mencatat Ed Sheeran telah menjual lebih dari 26 juta album dan lima miliar streaming Spotify dengan peluncuran album studio ketiganya "Devide" yang terjual lebih dari empat juta di seluruh dunia dalam minggu pertama.

Di Amerika Serikat, rilis "Devide" menduduki peringkat pertama Billboard 200 yang menjadi debut terbesar tahun ini dengan penjualan minggu pertama setara dengan 451 ribu unit.

Di negara asalnya, Inggris, album tersebut terjual 672 ribu unit dan menduduki puncak Official Albums Chart dengan penjualan album tertinggi ketiga sepanjang sejarah.

Dua lagu pertama dari album tersebut, "Shape of You" dan "Castle on the Hill" memasuki Billboard Hot 100 masing-masing No.1 dan No.6 sehingga Sheeran menjadi artis pertama yang memiliki dua single masuk 10 besar dalam sejarah 58 tahun tangga lagu itu.

Sheeran juga menulis lagu untuk sejumlah artis lain termasuk Taylor Swift, One Direction, Weeknd, Major Lazer, Tori Kelley, dan Justin Bieber dengan lagunya "Love Yourself" yang berada padai No.1 lagu Billboard 2016 dan diunggulkan dalam "Song of the Year" Grammy tahun ini.

"Ed tidak diragukan lagi salah satu penulis saat ini yang paling priduktif dan efektif," kata Linda Moran, presiden dan CEO Songwriter Hall of Fame, demikian Billboard.

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar