New York (ANTARA News) - Aktor Tom Hanks dan selebritas lainnya akan berpartisipasi dalam Facebook "telethon" pada bulan ini untuk menggalang dana bagi America Civil Liberties Union (ACLU), yang sudah menjadi simbol perlawanan kepada Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Acara tersebut, akan difilmkan pada 31 Maret di New York dan distreaming secara langsung di situs media sosial itu, juga akan diikuti Tina Fey, Alec Baldwing, Jon Hamm, dan Amy Poehler, kata pihak penyelenggara pada Selasa (21/03).

Penggalangan dana dimulai sekitar pukul 19:00 malam (waktu setempat), acara tersebut mengidupkan kembali tradisi telethon, acara televisi yang berlangsung selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk alasan amal.

Sejak Trump terpilih pada November, ACLU yang sudah berumur 97 tahun telah menjadi pilar perlawanan terhadap pemerintahan baru dan pembela terdepan hak-hak dasar di seluruh Amerika Serikat (AS).

(Baca juga: Meryl Streep dan Tom Hanks akan main film bersama)

Organisasi tersebut mengatakan bahwa keanggotaan mereka naik tiga kali lipat sejak pemilihan umum menjadi 1.2 juta orang.

Organisasi itu aktif di masalah hukum, saat para pengacara mereka membantu korban dari kebijakan imigrasi Trump.

"Dengan mendukung pekerjaan kami melalui telethon ini, kita bisa berjuang lebih keras untuk membela hak-hak yang dijamin oleh Konstitusi kita," kata direktur eksekutif ACLU Anthony Romero, AFP.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017