counter

ANTARA Doeloe : Serba-serbi djemaah hadji

ANTARA Doeloe : Serba-serbi djemaah hadji

ilustrasi - (ANTARA News/hanmus/2016)

Surabaja, 3 Maret 1958 (Antara)  - Dari PHI (Panitya Hadji Indonesia) Perwakilan Djawa Timur, didapat keterangan bahwa antara tg.7 April sampai dengan tg.28 Mei dari Surabaja akan berangkat 6 kapal menudju ketanah sutji.

Penumpang jang akan naik kapal di Surabaja berdjumlah 2295 orang. Kemungkinan besar jang akan berangkat dari Surabaja itu djamaah2 jang berasal dari Djawa Timur,  Kalimantan Selatan dan Timur, Nusatenggara (ketjuali Ampenan).

Undian kotum hadji untuk kota Surabaja telah dilangsungkan pada rgl. 13 Pebruari jl. Jang mendapat kotum tanpa undian ada 2 orang. Kotum seluruhnja untuk Surabaja ada 39 tempat.

Djumlah pelamar semuanja ada 677 orang,  tetapi 280 orang telah mengundurkan diri. Untuk kabupaten Surabaja telah disediakan kotum sebanjak 52 tempat. Djumlah pelamar seluruhnja ada 894 orang.

Kotum hadji pegawai negeri seluruh Propinsi Djawa Timur ada 120 tempat. Pembagiannja antara daerah2 jang memintanja (30 daerah tingkat II) telah ditetapkan.

Dari Nusatenggara selandjutnja dikabarkan, bahwa Bali mendapat 20 tempat, Lombok 216, Sumbawa 132 (termasuk Bima-Dompu), Sumba 7, Flores 30 dan Timor 17. Dalam angka2 ini tidak termasuk kotum jang disediakan untuk pegawai negeri, jaitu jang djumlahnja 40 tempat.


Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Baca juga: (Antara Doeloe: Ketika Ongkos Hadji Rp59.000,-)

Baca juga: (Antara doeloe : Rombongan pertama djemaah hadji Indonesia tiba di Djedah)

Baca juga: (Antara doeloe : Djemaah hadji kena tipu)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar