Bandung (ANTARA News) - Mantan pemain timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto mengapresiasi digelarnya MILO Football Championship (MFC) 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Maret di Stadion Siliwangi Bandung.

"Saya melihat Bandung sebagai salah satu kota yang memiliki pemain sepak bola berkualitas dan pada tahun lalu dari ajang MILO Football Championship ini, saya menemukan empat pemain terbaik dari Bandung. Semoga tahun ini bisa lebih," kata Kurniawan Dwi Yulianto, dalam jumpa pers, di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu.

Ia menuturkan, panitia ajang MILO Football Championship untuk tahun ini memberlakukan persyaratan yang ketat bagi peserta agar menghasilkan 19 pemain terbaik dan lima dari pemain terbaik yang terpilih akan berkesempatan dilatih langsung oleh pelatih dari FC Barcelona di Barcelona.

"Tentunya lewat MILO Football Championship ini kita ingin seorang pemain yang cerdas, bertalenta bagus dan memiliki jiwa leadship yang bagus baik ketika di lapangan atau luar lapangan," kata dia.

MILO Football Championship 2017 di Kota Bandung, diikuti oleh sekitar 2.000 anak dari 128 sekolah di wilayah Bandung Raya, Bekasi, Sumedang dan Tasikmalaya mengikuti satu-satunya kompetisi sepak bola swasta U-12 antar sekolah dasar (SD).

Sementara itu, Senior Sport Marketing Executibe Nestle Donny Wahyudi menambahkan MILO Football Championship juga akan tetap menghadirkan Kelas Nutrisi yang merupakan wadah bagi para orang tua untuk memperoleh informasi mengenai pentingnya asupan gizi makanan dan minuman pendamping untuk membantu menunjang aktivitas harian anak.

Sementara itu, sesi Football Clinic juga dihadirkan untuk anak-anak yang bukan peserta MILO Football Championship agar merasakan pengalaman berlatih teknik dasar sepak bola dari pesepak bola profesional.

Ia mengatakan untuk Kelas Nutrisi akan dilaksanakan pada hari Sabtu (25/3) sedangkan Football Clinic dilaksanakan pada Minggu (26/3) di Stadion Siliwangi.

"Rangkaian kegiatan MILO Football Championship bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap olahraga khususnya sepak bola, serta membantu orang tua untuk semakin memahami pentingnya asupan makan dan minuman pendamping yang tepat agar dapat mewujudkan anak yang aktif, sehat dan berprestasi," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan kelima anak terbaik yang dikirim ke FC Barcelona di Barcelona dari ajang ini bisa disambut positif oleh semua pihak di daerahnya masing-masing.

"Selama di Barcelona nanti, mereka tidak hanya menjalani pelatihan tapi ada kegiatan lainnya. Kita berharap, miminal setelah pulang dari Barcelona, si anak itu nantinya bisa berbagi pengalamannya yang mereka pelajari selama di sana kepada teman-temannya," kata dia

MILO Football Championship 2017 akan dilaksanakan sesuai dengan peraturan Federasi Sepak Bola Internasional mengenai peraturan pertandingan untuk anak usia sekolah dasar.

Setiap tim hanya akan bertanding melawan tim lainnya satu kali untuk menentukan siapa yang lolos ke babak selanjutnya.

Di samping kompetisi, MILO Football Championship akan menghadirkan talent scouting oleh pelatih sepak bola U-12 Zaenal Abidin dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Sebanyak 16 pemain terbaik dari Jakarta, Medan, Bandung dan Makassar akan dilatih secara intensif selama satu minggu di MILO Football Camp Jakarta.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017