Jakarta (ANTARA News) - "Exploring Hungary", buku mengenai tempat-tempat menarik di Hongaria, ditulis berdasarkan pengalaman pribadi Gaganawati Stegmann, diaspora Indonesia bermukim di Jerman dan telah berkunjung ke lebih 20 negara di dunia.

Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo mengharapkan buku tersebut dapat meningkatkan rasa keingintahuan masyarakat Indonesia terhadap Hongaria, negeri cantik yang mempesona.

Siaran pers KBRI Budapest  menyebutkan hingga kini Gaganawati telah menerbitkan buku perjalanan Exploring Hungary dan Exploring Germany.

Dalam acara peluncuran buku tersebut di KBRI Budapest, Dubes Wening menekankan pentingnya dukungan negara terhadap peran diaspora Indonesia di luar negeri.

"Diaspora adalah konstituen pemerintah. Karena itu, KBRI Budapest siap mendukung karya-karya anak negeri, kapan pun dan dimana pun," kata Dubes Wening pula.

Gaganawati juga mengapresiasi dukungan dan tanggapan positif KBRI Budapest terhadap karyanya. "Saya sangat mengapresiasi dukungan Dubes Wening terhadap Exploring Hungary, terutama atas kata pengantar dan kesempatan peluncuran buku di KBRI Budapest," katanya pula.

Menurut dia, tindakan responsif KBRI Budapest menunjukkan peran negara terhadap hasil karyanya sebagai diaspora Indonesia.

Acara peluncuran buku Exploring Hungary juga dihadiri Dirjen Asia Pasifik Kemlu Hongaria Dr Sandor Sipos, penulis terkenal Erika Bartos serta jurnalis media lokal Hongaria, selain masyarakat Indonesia di Hongaria.

Acara dimeriahkan pula dengan pertunjukan tari tradisional Indonesia, dan ditutup dengan makan malam khas makanan Indonesia.

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017