Nunukan (ANTARA News) - Kapal pengangkut ratusan karung pupuk pertanian tujuan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dilaporkan mengalami kerusakan di Pulau Panjang Derawan Kabupaten Berau, Kaltim.

Kepala Seksi Basarnas Kaltim-Kaltara Octavianto di Balikpapan saat dihubungi Senin menyebutkan bahwa setelah mendapatkan laporan langsung berkoordinasi dengan kapten kapal tersebut bernama Ahmad Husaini.

Hasil koordinasi tersebut membenarkan, kapal kayu yang mengangkut 300 ton pupuk pertanian dari Kota Bontang Kaltim menuju Kabupaten Bulungan sejak Sabtu (25/3).

Kapal kayu bernama KLM Surya Lestari itu mengalami kerusakan pada bagian mesin sehingga terdampar di perairan Karang Pulau Panjang Derawan Kabupaten Berau sehingga akhirnya berjangkar di tempat itu.

Hanya saja, kapal kayu ini mengalami kemiringan 5-10 derajat sehingga diduga mengalami kebocoran namun belum dapat dipastikan karena tertutup dengan muatan.

Berdasarkan informasi dari kapten kapal kayu ini, Octavianto menyatakan, belum meminta untuk dievakuasi karena akan dilaporkan kepada syahbandar Kabupaten Berau sambil memindahkan muatan karena basah ke kapal lain.

Sementara tujuh anak buah kapal (ABK) dinyatakan selamat. "Semua ABK-nya selamat dan belum minta untuk dievakuasi," ujar Octavianto.

(KR-MRN/I014)

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017