... kami bukan hanya memerlukan tempat tambahan, tapi juga perlu mempercepat pelaksanaan janji yang diberikan."
Jenewa (ANTARA News) - Komisariat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa Urusan Pengungsi (UNHCR) melaporkan jumlah pengungsi Suriah yang menyelamatkan diri ke Turki, Mesir, Irak, Jordania dan Lebanon akibat perang yang berkepanjangan di negerinya telah melampaui angka lima juta orang.

"Kami masih menghadapi jalan panjang untuk mengembangkan penampungan, dan jumlah serta jarak jalur yang tersedia buat pengungsi," kata Komisaris Tinggi UNHCR Filippo Grandi.

UNHCR dan Pemerintah Turki mencatat ada 5.018.168 orang Suriah telah meninggalkan negeri mereka dan mengungsi di wilayah itu sejak konflik Suriah meletus pada Maret 2011.

Meskipun pertemuan tingkat tinggi mengenai Suriah diselenggarakan tahun lalu dengan tujuan menampung 10 persen dari seluruh pengungsi sampai 2018, UNHCR memperingatkaan bahwa hanya 250.000 tempat buat pengungsi yang tersedia, demikian laporan kantor berita Xinhua China.

"Untuk menanggulangi tantangan ini, kami bukan hanya memerlukan tempat tambahan, tapi juga perlu mempercepat pelaksanaan janji yang diberikan," katanya menambahkan.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017