Jakarta (ANTARA News) - Ada beberapa peristiwa penting atau menarik pada Jumat (31/3), mulai dari pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua MUI, gempa di barat daya Parigi Moutong, aksi 313 di Jakarta, peluncuran iPhone 7 hingga penggalang dana untuk membangun masjid di Sevilla, Spanyol.


Presiden Joko Widodo dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Maruf Amin serta para pengurus MUI bertemu selama satu jam di Istana guna membahas Kongres Ekonomi Umat dalam upaya mencari solusi menghilangkan kesenjangan dan memperbaiki kesejahteraan.


Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter terjadi di 35 kilometer dari barat daya Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Jumat pukul 18:21:01 WIB namun tidak berpotensi tsunami. 

Getaran gempa terasa di Pohuwato, Toli-toli, Gorontalo, Limboto, Limboto Barat, Batudaa, Kabila, Mootilango dan Palu menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Drs Mochammad Riyadi.



Seorang ibu berjilbab hitam yang menggantungkan tulisan "Selamat Berjuang Ayah Surga Mu Menanti" menjadi sasaran berfoto bersama dalam aksi 313 di Jakarta kemarin.

"Ini untuk menyemangati ayahnya anak-anak, suami saya. Ini juga untuk semua ayah yang membela Islam," kata Ayi, warga Cijantung yang mengikuti aksi bersama suami dan dua anaknya.



Antrean pembeli yang telah memesan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mengular di galeri Smartfren di Jl. Hj. Agus Salim Sabang, Jakarta Pusat. Beberapa pembeli sudah datang sejak pukul 07.00 WIB.

"Pre Order dari tanggal 24 Maret, minggu lalu. Saya beli yang iPhone 7 Plus di sini karena selain ada cicilan juga dapat benefit cashback Rp3 juta dan paket data selama setahun," kata Ojan, salah satu pembeli.



Aktris Dewi Sandra dan Oki Setiana Dewi, pendukung dan pengisi film serial "A Tile for Seville", sedang berada di Madrid, Spanyol, untuk mengampanyekan pengalangan dana bagi pembangunan sebuah masjid dan pusat kebudayaan Islam di Sevilla.

Kampanye ini diinisiasi LSM Malaysia "Ukhwah for Ummah" didukung LSM Indonesia "Aksi Cepat Tanggap" (ACT) yang menjadi mitra Yayasan Masjid Sevilla dalam menggalang dana dari masyarakat Malaysia dan Indonesia untuk membangun Masjid dan Pusat Kebudayaan Islam di Sevilla.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017