Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Liverpool untuk sementara mengungguli Everton 2-1 hingga babak pertama usai dalam laga pekan ke-30 Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu.

Keunggulan tim besutan Juergen Klopp itu diperoleh berkat gol-gol yang dicetak Sadio Mane dan Philippe Coutinho, sementara Everton membalas lewat Matthew Pennington.

Berstatus sebagai tuan rumah dalam Derby Merseyside kedua musim ini tersebut, Liverpool memutuskan keluar dan tampil agresif sejak awal pertandingan. Hasilnya, memasuki delapan menit pertandingan Liverpool sukses membuka keunggulan lewat aksi memukau Mane, mempecundangi Tom Davies, Ashley Williams dan Pennington dalam proses mencetak golnya.

Dari tengah lapangan, Mane menusuk ke dalam kotak penalti sisi kiri sebelum melepaskan tendangan menyilang ke tiang jauh yang tak terjangkau penjaga gawang Joel Robles.

Dua menit berselang Coutinho hampir menggandakan keunggulan jika saja ia tak dihentikan oleh Williams di dalam kotak penalti.

Everton di bawah tekanan sesekali berusaha keluar menyerang, hingga akhirnya memperoleh sepak pojok yang berbuah gol penyama kedudukan Pennington pada menit 28.

Liverpool yang masih menderita kesulitan berkoordinasi menyambut bola mati, harus membayar mahal atas hal tersebut saat sepak pojok berhasil disambut Phil Jagielka, namun tak sempurna, Dejan Lovren yang berusaha menyapu bola malah mengarahkannya ke ruang tembak Pennington yang berdiri bebas di hadapan gawang dan tanpa cela menyarangkan bola ke dalam gawang.

Akan tetapi, Liverpool tak membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan keunggulan, saat percobaan ketiga Coutinho membuahkan hasil dengan tendangan lengkung yang membuat Robles mati langkah dan tuan rumah unggul 2-1 atas Everton.

Jika kedudukan bertahan Liverpool akan naik ke peringkat ketiga klasemen dengan raihan 59 poin, sementara Everton tertahan di peringkat ketujuh dengan 50 poin.

Ronald Koeman masih mempunyai pilihan  Kevin Miralas dan Enner Valencia di bangku cadangan jika ingin mengubah keadaan.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Joel Matip, Dejan Lovren, James Milner; Emre Can, Lucas Leiva, Georginio Wijnaldum; Sadio Mane, Roberto Firmino, Philippe Coutinho
Pelatih: Juergen Klopp

Everton (3-4-3): Joel Robles (PG); Phil Jagielka, Ashley Williams, Mason Holgate; Matthew Pennington, Tom Davies, Idrissa Gueye, Leighton Baines; Ross Barkley, Romelu Lukaku, Dominic Calver-Lewin
Pelatih: Ronald Koeman

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017