Yogyakarta (ANTARA News) - Manajemen objek wisata Gembira Loka Zoo menaikkan harga tiket masuk di kawasan kebun binatang di Kota Yogyakarta itu menjadi Rp30.000 per orang mulai 1 April 2017 hingga Lebaran.

"Per hari ini kami naikkan dari Rp25.000 menjadi Rp30.000 sampai libur Lebaran nanti ," kata Manajer Marketing dan Pengembangan Gembira Loka (GL) Zoo Agnes Armi di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Agnes, harga tiket masuk selalu dinaikkan menjelang libur panjang, termasuk menyambut Lebaran. Kebijakan itu dilakukan lebih awal pada tahun ini karena jumlah wisatawan mulai meningkat.

Saat ini, kata dia, jumlah wisatawan per hari telah mencapai 4.000-5.000 orang dari kunjungan normal 2.000-3.000 orang.

Oleh sebab itu, ia meyakikini meski harga tiket masuk mengalami kenaikan, Agnes tetap optimistis jumlah pengunjung selama beberapa bulan mendatang tidak mengalami penurunan. "Kebanyakan pengunjung dari rombongan sekolah sudah banyak yang berdatangan karena mereka rata-rata mengejar waktu sebelum Ramadhan tiba," kata dia.

Kepala Bagian Humas GL Zoo Khrisyanto Agung Wibowo mengatakan menghadapi momentum libur Lebaran, GL Zoo mulai perbaikan akses jalan, kandang, serta penyempurnaan berbagai fasilitas di dalamnya.

Agung mengatakan selain memperbaiki fasilitas pengunjung seperti toilet serta akses jalan, untuk menghadapi momen libur Lebaran juga dilakukan penggantian papan informasi serta papan nama satwa.

"Ranting-ranting pohon yang rapuh juga kami pangkas dan rapikan," kata dia.

Manajemen GL Zoo, kata dia, juga hampir merampungkan gedung perkantoran utama yang dipersiapkan untuk pelayanan pengunjung menghadapi Lebaran nanti.

Gedung yang pembangunannya dianggarkan Rp3 miliar itu nantinya akan digunakan untuk pusat penjualan tiket perorangan maupun reservasi serta untuk gedung pemasaran.

(L007/B015)

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017