counter

Narapidana ternyata kreatif, buat camilan hingga fashion

Narapidana ternyata kreatif, buat camilan hingga fashion

Salah satu produk di Pameran Produk Unggulan Narapidana Kementerian Perindustrian (ANTARA News/ Nanien Yuniar )

Jakarta (ANTARA News) - Hasil kreativitas para narapidana ditampilkan dalam Pameran Produk Unggulan Narapidana di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian mulai hari ini hingga 7 April 2017.

Pameran yang dibuka Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar ini sudah berlangsung lima kali. Beragam produk industri bisa ditemui di sini, mulai dari kerajinan anyaman, kayu, makanan olahan hingga fashion.

Setiap booth menampilkan karya khas dari daerah masing-masing, sebagian membuatnya terlihat lebih meriah dengan aktivitas seperti demonstrasi menenun hingga hingga pertunjukan musik tradisional.

Selain itu, akan ada pentas seni tari hingga talkshow "Napi Dibina Untuk Berguna, From Nothing to Something."

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto mengatakan pameran ini merupakan tindak lanjut MoU antara Kementerian Hukum dan HAM dengan Kementerian Perindustrian.

"Diharapkan masyarakat menyadari dan menerima kalau warga binaan pemasyarakatan juga punya sisi kehidupan positif dan patut diberikan apresiasi," kata Bambang di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa.

Pameran bertajuk "Kreativitas Tanpa Batas Meskipun Tempat Terbatas" ini juga bertujuan untuk membuktikan bahwa warga binaan pemasyarakatan di lapas tetap bisa berkarya, juga mematahkan stigma tentang mereka.

Tahun ini 2.685 lulusan SMK bisa terjaring industri

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar