Jakarta (ANTARA News) - Pebasket Philadelphia 76ers, Dario Saric, dan pemain Sacramento Kings, Buddy Hield, menerima penghargaan sebagai Pemain Debutan Terbaik NBA bulan Maret, masing-masing secara berurutan mewakili Wilayah Timur dan Barat.

Meski dipilih sebagai pemain ke-12 dalam NBA Draft 2014 oleh Orlando Magic yang segera ditukarkan ke Sixers, Saric baru memulai karirnya di NBA pada musim ini, dan gelar bulan Maret merupakan penghargaan Debutan Terbaik NBA bulanan kedua yang diterimanya dalam dua bulan beruntun.

Sepanjang Maret, Saric memimpin perolehan pemain debutan dalam lewat catatan 18,4 poin per laga, 115 kali keberhasilan melesakkan tembakan dan 54 kali lemparan bebas.

Ia juga menempati peringkat kedua klasemen rebound dengan 7,0 rebound per laga, ketiga untuk tembakan tiga angka (28 kali) dan keempat dalam assist (3,4 assist per laga) untuk seluruh pemain debutan NBA.

Forward berusia 22 tahun asal Kroasia itu mencetak sekurang-kurangnya 20 poin di tujuh dari 17 laga yang dijalaninya serta dua kali double-double lewat poin serta rebound.

Pada Minggu (26/3) WIB, Saric mencetak 32 poin dan 10 rebound saat mengantarkan Sixers mengalahkan Chicago Bulls 117-107 dalam lawatan ke United Center, Illinois, Amerika Serikat.

Sementara bagi Hield, gelar Debutan Terbaik bulan Maret merupakan gelar serupa kedua yang diraihnya setelah Desember 2016 lalu saat ia masih berseragam New Orleans Pelicans.

Sejak hijrah ke Kings pada 20 Februari 2017, Hield memimpin klasemen angka debutan bulan Maret dengan rata-rata 14,1 poin per laga.

Legiun Bahama berusia 23 tahun itu melesakkan 37 kali tembakan tiga angka dan rata-rata 4,1 rebound per laga sepanjang Maret. 

Hield yang merupakan pilihan keenam dalam NBA Draft 2016 saat ini memiliki catatan akurasi tembakan 48,3 persen, 42,5 persen tembakan tiga angka dan 84 persen lemparan bebas.

Saric dan Hield menyisihkan nominasi Pemain Debutan NBA Maret lainnya, yakni Jaylen Brown (Boston Celtics), Caris LeVert (Brooklyn Nets), Isaiah Whitehead (Brooklyn nets), Jamal Murray (Denver Nuggets), Brandon ingram (Los Angeles Lakers), Ivica Zubac (Los Angeles Lakers), Rodney McGruder (Miami Heat), Malcolm Brogdon (Milwaukee Bucks), Willy Hernangomez (New York Knicks), Marquese Chriss (Phoenix Suns), Tyler Ulis (Phoenix Suns) dan Skal Labissiere (Sacramento Kings), demikian laman resmi NBA.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017