Medan (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno memberi apresiasi kepada Perumnas untuk pertama kali melakukan peremajaan rumah susun di Medan tanpa menggunakan anggaran pemerintah, sehingga harus menjadi percontohan.

"Saya sangat bangga karena Perumnas sebagai BUMN bisa melakukan peremajaan rumah susun tanpa menggunakan anggaran pemerintah," kata Rini, di Medan, Rabu.

Dia menyampaikan apresiasi itu pada acara ground breaking rumah susun "Sentraland" Sukaramai, Medan.

Menurut Menteri BUMN, langkah Perumnas di Medan itu bisa menjadi percontohan untuk peremajaan rumah susun di daerah lain khususnya di Jakarta.

Rini menegaskan, sudah selayaknya penghuni rumah susun menikmati rumah layak huni, sehat, bersih, dan menikmati fasilitas dengan kondisi saat ini.

Kehadiran Perumnas, menurut Rini, merupakan wujud komitmen BUMN Hadir untuk Negeri, antara lain mendukung program pembangunan sejuta unit rumah.

Menurut dia, dengan tidak menggunakan anggaran pemerintah, maka dana pemerintah bisa untuk kepentingan rakyat lainnya.

Dirut Perumnas Bambang Triwibowo menyebutkan, Perumnas menggunakan anggaran sendiri dalam melakukan pembiayaan peremajaan rumah susun Sentraland di Medan itu.

"Tidak ada kerja sama dengan pihak pengembang swasta. Murni Perumnas dan ditargetkan pembangunan itu selesai dalam 18 bulan," katanya lagi.

Peremajaan dilakukan, menurutnya, karena melihat kondisi Perumnas Sukaramai sudah berusia lebih dari 30 tahun itu tidak lagi layak untuk dihuni.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017