Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian akan bertemu unggulan lima asal China Li Junhui/Liu Yuchen di putaran dua turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2017.

Laman resmi BWF yang dipantau di Jakarta, Rabu, menyebutkan Rian/Fajar dipastikan akan melawan Li/Liu, setelah di putaran pertama mengandaskan duet Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam pertarungan tiga gim selama 60 menit 19-21, 21-15, 21-19.

Bagi pasangan tanah air, pertandingan putaran dua itu juga bisa dibilang sebagai misi balas dendam mereka terhadap duet Negeri Tirai Bambu tersebut setelah Rian/Fajar dipaksa angkat koper di putaran pertama dalam turnamen All England 2017 dengan skor 19-21, 16-21.

"Kami kalah di All England kemarin, kami berharap bisa balas dendam dan lolos ke perempat final," kata Fajar dikutip dari laman resmi PP PBSI.

Adapun jalannya pertandingan putaran pertama antara Rian/Fajar menghadapi Endo/Watanabe gim pertama pertandingan itu, kedua pasangan bermain saling jual beli serangan yang menghasilkan perolehan poin ketat.

Wakil Indonesia yang tidak pernah bisa menyusul poin Endo/Watanabe, sempat mendapat angin segar ketika dalam poin tertinggal 16-19, bisa mennyamakan poin, namun dewi fortuna lebih memihak pada pasangan Jepang yang mampu mencapai poin 21 lebih dahulu.

Sempat memimpin dengan poin tipis di awal gim kedua, perolehan poin pasangan Indonesia sempat terlampaui beberapa kali 7-8, 9-8, Rian/Fajar berhasil kembali tancap gas dan menjauhi perolehan poin Endo/Watanabe hingga bisa memaksakan dimainkannya gim penentu.

Walaupun tertinggal tiga poin di awal gim pamungkas, Rian/Fajar berhasil mengumpulkan enam poin berturut-turut menjadikan kedudukan sementara 6-3 dan terus memimpin perolehan poin setelahnya, namun mereka berhasil kembali disalip oleh duet Jepang itu 10-11 di jeda interval.

Selepas jeda interval, poin kedua pasangan saling kejar mengejar hingga puncaknya terjadi ketika pasangan Indonesia yang tertinggal 18-19, mampu menyalip dengan mengumpulkan tiga poin berturut-turut untuk memenangkan pertandingan itu.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017