Mataram (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia Cabang Mataram memberikan pelatihan tentang "e-commerce" kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang berada di sekitar kawasan Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu.

"Pelatihan e-commerce sebagai kelanjutan dari pelatihan pengembangan wawasan usaha bagi UMKM dalam rangka mendukung Rinjani sebagai salah satu geopark di Indonesia," kata Kepala BNI Cabang Mataram Akhmad Indra, di Mataram.

"E-commerce" adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 orang. Mereka berasal dari sekitar kawasan Gunung Rinjani, di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, dan Lombok Timur.

Ada juga dari Kota Mataram, sebagai pelaku usaha di bagian hilir yang ikut mendukung pengembangan wisata Geopark Rinjani.

Menurut dia, pelatihan tersebut penting dilakukan agar pelaku usaha bisa memasarkan produknya secara global melalui dunia maya.

Berbagai produk yang bisa dipasarkan adalah geo kuliner, geo rumah penginapan, geo suvenir dan geo wisata.

Untuk mempermudah pemasaran dengan sistem "e-commerce", kata Indra, pihaknya akan menyiapkan rumah kreatif. Di dalam rumah kreatif tersebut terdapat perangkat komputer dilengkapi internet yang dikelola oleh tenaga profesional uang dikontrak.

"Kami akan bangun rumah kreatif khusus untuk UMKM Geopark Rinjani, seperti Banyuwangi Mall. Nanti di dalamnya ada pengelolaan website khusus menjual barang," ujarnya.

Melalui transaksi di dunia maya, kata dia, para pembeli bisa melakukan pemesanan dan pembayaran secara elektronik. Para pelaku UMKM akan memperoleh pembayaran dari pembeli yang mentransfer dana ke rekening yang dikelola oleh BNI Cabang Mataram.

"Jadi semacam virtual account. Pembeli mentransfer pembayaran ke rekening, kemudian ditransfer lagi kepada penjual," ujar Indra.

(KR-WLD/E005)

Pewarta: Awaludin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017