Malang (ANTARA News) - Sedikitnya lima ribu pecinta sepeda onthel (onthelis) dari berbagai belahan bumi Nusantara mengikuti Jambore Onthel Nasional Doea yang diawali dengan pawai sepeda onthel di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu.

Pawai sepeda onthel yang mengambil start dan finish di stadion luar Gajayana dan menempuh rute sepanjang 17 kilometer itu diberangkatkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Jawa Timur Idrus yang didamping Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat Nuzul Nurcahyo.

"Jambore dan pawai sepeda onthel ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-103 Kota Malang. Kegiatan ini sangat positif dan tahun ini adalah tahun kedua. Harapan kami, ajang ini bisa menjadi wadah silaturahim bagi para pecinta sepeda onthel di Tanah Air," katanya di sela pawai sepeda onthel tersebut.

Idrus berharap keberadaan komunitas sepeda onthel, khususnya di Kota Malang mendapat perhatian dan dukungan dari Dispora agar mereka bisa menyalurkan hobi dengan baik. "Selain hobi juga menyehatkan dan masuk dalam olahraga rekreasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Malang Nuzul Nurcahyo mengatakan pihaknya selama ini sudah mendukung penuh Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Malang yang merupakan wadah berkumpulnya para onthelis.

"Dispora sudah bekerja sama dengan Kimia Farma untuk pengembangan Kosti dan berbagai kegiatan lainnya juga sudah dilakukan termasuk jambore yang digelar pada hari ini (Minggu, 9/4)," kata Nuzul.

Ketua Kosti Jawa Timur, Purnomo SR mengemukakan Kota Malang merupakan barometer bagi para pecinta sepeda onthel di Jawa Timur karena memiliki komunitas yang besar dan berhasil menggelar jambore nasional untuk kedua kalinya.

"Harapan kami acara seperti ini ada lagi tahun depan dan menjadi agenda tahunan, tidak saja diselenggarakan di Malang, tapi juga di berbagai daerah di Indonesia karena skalanya nasional dan pesertanya juga tidak sedikit," ucapnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017