Miami (ANTARA News) – Petenis putri Rusia Daria Kasatkina menyabet gelar perdana di turnamen level WTA di Charleston, Amerika Serikat, Minggu (09/04), setelah ia menundukkan wakil Latvia Jelena Ostapenko 6-3, 6-1.

“Sangat sulit menggambarkan perasaan saya saat ini,” ujar Kasatkina seperti dikutip AFP.

“Saya merasa sedang tertidur dan semuanya hanya mimpi. Sangat sangat bahagia,” ujar Kasatkina mengenai pertandingan antara kedua petenis berusia 19 tahun tersebut.

Baca juga: (Daftar peringkat tur WTA, Serena Williams teratas)

Dalam final WTA pertama yang mempertemukan dua petenis remaja sejak 2009 itu, konsistensi Kasatkina akhirnya terbayar. Ia hanya memperoleh tujuh winner dibanding Ostapenko yang menghasilkan 25, tetapi ia hanya tujuh kali melakukan kesalahan sendiri sementara lawannya 38 kali.

Keduanya saling mematahkan servis pada awal set pembuka, Ostapenko menyamakan kedudukan 3-3 pada set tersebut sebelum Kasatkina melaju untuk meraih kemenangan hanya dalam 66 menit.

"Kemarin malam dan sepanjang malam saya tidak bisa tidur," kata Kasatkina. "Saya terbangun sepanjang malam seperti dua atau tiga kali. Saya sangat gugup, Anda tidak bisa bayangkan. Saya merasa seperti, saya hanya ingin terus maju di lapangan dan mari segera sudahi, bermain. Saya tidak bisa (bertahan dengan) perasaan ini lagi. Tetapi sekarang ini tidak sia-sia."

Baca juga: (Konta Mundur dari WTA Charleston karena cedera)

Kedua pemain mempunyai sejarah panjang dalam tingkat junior, tetapi baru bertemu sekali sebelumnya pada level WTA, ketika Ostapenko menang tahun lalu di Eastbourne.

Petenis peringkat 42 dunia Kasatkina sekarang naik kembali ke 30 peringkat teratas pada Senin ketika ia ingin kembali ke Roland Garros sebagai pemain unggulan pada tahun kedua berturut-turut.

Ostapenko, yang sekarang rekornya pada final (menang-kalah) 0-3 setelah kalah di Quebec pada 2015 dan di Doha tahun lalu, akan naik dari peringkat 66 dunia kembali ke 50 besar.

Baca juga: (Venus Williams Tersingkir dari WTA Charleston)

Tetapi ia masih menyesali final yang ia sebut "pertandingan terburuk"-nya pekan ini yang di dalamnya termasuk kemenangan atas mantan petenis nomor satu dunia Caroline Wozniacki dan semifinalis Australia Terbuka Mirjana Lucic-Baroni.

Kemenangan tersebut menegaskan status Kasatkina sebagai bintang yang sedang menanjak, yang sudah terbangung dengan dua kemenangan atas petenis nomor satu dunia Angelique Kerber tahun ini. Ia juga menjadi remaja keenam yang mengangkat trofi Charleston -- setelah Chris Evert, Tracy Austin, Steffi Graf, Martina Hingis dan Sabine Lisicki.

Baca juga: (Azarenka akan kembali bertanding Juli)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017