Kami ingin mempertanggungjawabkan ini kepada publik, dalam bentuk laporan kinerja KPU dari 2012 hingga 2017."
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meluncurkan lima buku terkait kinerja mereka dari 2012-2017.

"Kami ingin mempertanggungjawabkan ini kepada publik, dalam bentuk laporan kinerja KPU dari 2012 hingga 2017," ujar Ketua KPU Juri Ardiantoro di Kantor KPU, Jakarta, Senin.

Menurut dia, lima buku tersebut di antaranya berisi tentang Pemilihan Legislatif 2014, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014, Pelaksanaan Pilkada Serentak 2015-2017, sejumlah inovasi yang telah dilaksanakan para Anggota KPU periode 2012-2017, serta terdapat foto-foto yang merekam sejumlah keunikan saat pelaksanaan pemilu.

Selain sebagai informasi kinerja yang diterbitkan untuk pengetahuan bagi publik, Juri mengatakan kelima buku ini juga telah diberikan langsung kepada Presiden Joko Widodo serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto sebagai laporan pencapaian para Anggota KPU RI sejak dilantik pada 12 April 2012.

"Buku ini juga bisa jadi pegangan bagi Anggota KPU yang akan datang sebagai transfer memori. Saat ada kekurangan pertanggungjawaban kami selama lima tahun kepada publik hendaknya nanti jadi introspeksi," katanya kemudian.

Dalam kegiatan tersebut, Juri juga mengungkapkan harapannya agar para Anggota KPU RI baru, yang akan dilantik pada Selasa (11/4) oleh Kepala Negara, untuk tetap mandiri.

"Penting bagi komisioner untuk mandiri, kalau ada pihak-pihak yang berusaha melemahkan itu adalah tantangan terbesar kita," terangnya.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017