London (ANTARA News) - Pelatih timnas Irak Radhi Shenaishil menjadi pelatih ketiga yang dipecat setelah kegagalan di kualifikasi Piala Dunia grup B pada Senin waktu setempat.

Pelatih berusia 50 tahun itu terpuruk setelah tim dia dikalahkan Arab Saudi di Jeddah pada akhir bulan lalu dan membuat tim Irak gagal meraih tempat di putaran final di Rusia tahun depan.

"Kami sedih dengan hasil kami dan pelatih tim dipecat dan digantikan oleh staff asing," kata sebuah pernyataan dalam halaman facebook Irak FA (www.facebook.com/iraqfa).

"FA akan bekerja bersama pemerintah Irak dan komite olimpiade Irak untuk segera menemukan pengganti pelatih," katanya.

Shenaishil merupakan pelatih yang dipecat setelah pelatih Uni Emirat Arab Mahdi Ali, yang juga tersingkir dari kualifikasi setelah kalah 0-2 dari Australia di Sydney.

Sementara itu, pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang juga harus mundur setelah tim dia dihajar Jepang 0-4.

Shenaishil pernah membawa Irak lolos ke semi final Piala Asia 2015.

Pada 28 Maret, Irak kalah 0-1 dari Saudi sehingga menempatkan juara Asia 2007 itu berada di posisi kelima Grup B, dengan hanya mengumpulkan empat poin dari tujuh pertandingan, terpaut sembilan poin dari urutan ketiga Australia dan tertinggal 12 poin dari pimpinan klsemen Arab Saudi dan Jepang.

Dua tim terbaik akan langsung lolos ke putaran final di Rusia, sedangkan posisi ketiga harus menjalani play off melawan tim Grup A yang memiliki posisi yang sama dan sebuah tim dari zona intercontinental melawan satu tim dari konfederasi Amerika Tengah atau Utara. Demikian laporan Reuters.

(Uu.A020/S027)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017