counter

Berapa jumlah kendaraan lewat Bekasi tiap hari?

Berapa jumlah kendaraan lewat Bekasi tiap hari?

Dokumentasi sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 16, Bekasi Timur, Jawa Barat, Jumat dini hari (1/7/2016). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Bekasi, tetangga "sepelemparan batu" DKI Jakarta, adalah wilayah padat penduduk. Kira-kira, berapa jumlah kendaraan yang berlalu-lalang di Bekasi tiap hari? 

Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, memperkirakan, jumlahnya sekitar dua juta kendaraan.

"40 persen mobil dan 60 persen sepeda motor. Kendaraan itu setiap hari bergerak di Kota Bekasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, jumlah kendaraan itu lebih dari separuh populasi masyarakat Kota Bekasi yang saat ini mencapai 3,5 juta jiwa.

"Artinya, mayoritas masyarakat Kota Bekasi saat ini beraktivitas dengan berkendara. Sehingga wajar bila beberapa kawasan macet," katanya.

Kemacetan di sana diketahui ada di 19 titik kemacetan, di antaranya Jalan Perjuangan, Bekasi Utara, Jalan Joyomartono, Bekasi Timur, dan setiap hari libur ada di Jalan Lingkar Utara, Bekasi Utara, serta Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Jumlah kendaraan yang banyak ini menjadi salah satu faktor pemicu kemacetan di Kota Bekasi sebagai kawasan dengan pembangunan yang pesat serta domisilinya yang bersebelahan dengan ibukota Jakarta," ujarnya. 

Dishub Kota Bandung berlakukan tarif khusus TMB Rp1 untuk veteran dan buruh

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar