Bupati Cirebon raih gelar doktor ilmu pemerintahan

Bupati Cirebon raih gelar doktor ilmu pemerintahan

Bupati Cirebon, DR. Drs. H . Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Bupati Cirebon, DR. Drs. H . Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si., berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor ilmu pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/4).

Kepala Humas Pemkab Cirebon, Iwan Setiyawan dalam keterangan persnya, Selasa, mengatakan,  Sinjaya Purwadisastra dinyatakan lulus dengan predikat cum laude dengan disertasi berjudul "Pengaruh Reformasi Birokrasi Tatalaksana, Profesionalisme dan Strategi terhadap Inovasi Daerah Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat."

Acara sidang doktor tersebut yang dihadiri oleh keluarga besar dan  sahabat, anggota DPRD Kabupaten Cirebon,  pengurus PDI Perjuangan tingkat Jabar dan Cirebon, para Kepala Dinas, Staf Ahli, Asisten, Kabag, Camat dan Kuwu se-Kabupaten Cirebon, serta undangan lainnya.

Berdasarkan hasil pernyataan atas nama Tim Promotor memandang layak disertasi promovendus sesuai dengan nilai ilmiah dan akademik, untuk dihadapkan pada sidang promosi doktor.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan biodata secara lengkap atas nama promovendus dari mulai pendidikan, keluarga, sampai dengan jabatan struktural dan karir beliau. Terakhir, Tim Promotor menyampaikan resume temuan hasil penelitian atas nama promovendus, yang pada intinya adalah reformasi tatalaksana, profesionalisme dan strategi berpengaruh nyata, positif dan signifikan terhadap inovasi daerah di Kabupaten Cirebon.

Promovendus menyampaikan saran hasil penelitiannya yakni; reformasi birokrasi perlu adanya penciptaan budaya yang lebih terbuka; upaya mencapai profesionalisme memerlukan keterampilan dan keahlian yang tinggi dengan penguasaan ilmu pengetahuan, menjunjung tinggi disiplin dan etika.

Kemudian strategi dikembangkan untuk mendekatkan aparatur dan masyarakat; dan terakhir bahwa upaya inovasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon harus dapat diadopsi oleh lingkungan serta tidak bertentangan dengan kultur masyarakat Cirebon sendiri dengan tujuan membentuk pemerintahan yang baik.

Acara kemudian langsung dilanjutkan dengan wisuda dan penyerahan sertifikat kelulusan pasca sarjana doktor ilmu pemerintahan. Atas berhasilnya mempertahankan disertasinya itu, Promovendus Sunjaya Purwadisastra berhak menyandang dan menyematkan Doktor di bidang Ilmu Pemerintahan.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar