Solo (ANTARA News) - Persis berhasil menang melawan Madiun Putra FC dengan skor 3-0 pada pertandingan uji coba persiapan Kompetisi Liga 2 Indonesia 2017 di Stadion Manahan Solo, Jateng, Selasa malam.

Persis pada pertandingan uji coba melawan Madiun Putra sebagai ajang seleksi tiga pemain barunya bergabung dan melihat progres tim yang dijuluki "Laskar Nyambernyawa" itu, selama persiapan sebelum kompetisi.

Persis melawan Madiun Putra yang disaksikan sekitar 6.500 penonton tersebut pada babak pertama berjalan seru dan kedua kesebelasan saling menyerang. Namun, tim tuan rumah dan Madiun serangannya sering berhasil digagalkan barisan pemain belakang lawan.

Persis pada menit-menit awal mendapat beberapa peluang melalui tendangan keras Akbar Riansyah yang bolanya melenceng kesamping gawang Madiun yang dijaga Riki. Kedua melalui tendangan Tri Handoko, tetapi sayang yang tinggal berhadapan dengan kiper Riki bola ke samping gawang Madiun, sehingga tidak mengubah kedudukan tetap 0-0.

Persis baru menghasilkan gol menit 21 melalui tendangan bebas berjarak satu meter dari luar kotak penalti gawang Madiun yang dilakukan oleh Tri Handoko. Tendangan Handoko yang ke arah sudut gawang masuk, tidak mampu diantisipasi oleh kiper Riki, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Madiun yang ketinggalan satu gol tersebut meningkatkan tempo permainan untuk mengejar ketinggalannya, tetapi sayang serangannya belum mampu menembus barisan pertahanan Persis. Kedudukan 1-0 untuk Persis ini, bertahan hingga babak pertama usai.

Persis memasuki babak kedua memasukan M Wahyu menggantikan Egi Ardi dan Bayu Andra masuk, serta Eli Nasoka ditarik keluar untuk memperkuat lini tengah. Persis dengan masukan dua pemain gelandang itu, lini tengah menjadi lebih hidup.

Bahkan, Persis kembali menambah gol pada menit 47 melalui tendangan keras kaki Bakori, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0. Namun, gol Bakori itu, membuat dia tidak bisa melanjutkan pertandingan akibat kakinya cedera, dan kemudian digantikan oleh Bayu Nugroho.

Bayu yang masuk menggantikan Bakori akhirnya mampu menyumbangkan gol pada menit 61 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti, sehingga mengubah kedudukan 3-0 untuk tim tuan rumah.

Bahkan, Persis yang berhasil menguasai lapangan permainan tetap melakukan serangan yang sering membahayakan gawang Madiun Putra, tetapi sayang tidak ada yang menambah gol. Kedudukan 3-0 untuk Persis bertahan hingga babak kedua usai.

Pelatih Madiun Putra FC Sartono Anwar mengakui Persis lebih unggul satu tingkat dibandingkan timnya, tetapi Madiun pada babak pertama sempat mengimbangi permainan tuan rumah.

"Tim kami tidak bisa berkembang karena takut salah, sedangkan Persis bisa berkembang dan materi pemain juga kalah dengan tim tuan rumah," kata Sartono.

Pelatih Persis Solo Widyantoro mengatakan timnya sudah ada peningkatan, pemain sudah mulai berani melakukan dan menciptakan banyak peluang.

Widyantoro mengatakan terkait ketiga pemain baru, yakni Anam Syahrul Fitrianto berposisi sebagai "center back", M. Fauzan (kiper), dan Egy Ardi Septian (gelandang) segera dirapatkan dengan pihak manajemen.

"Ketiga pemain itu, bermain bagus tetapi ada catatan-catatan berforma dia yang harus dibenahi. Kami ingin satu kali lagi melakukan uji coba sebelum turun kompetisi," kata Widyantoro.

(U.B018/R010)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017