Bandung, Jawa Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menemui sejumlah warga Bandung,Jawa Barat di Lapangan Pendawa, Kelurahan Arjuna, Bandung saat menghadiri pembagian kartu bantuan sosial dan makanan tambahan.

Menurut pantauan Antara di Kota Bandung pada Rabu, Jokowi yang baru turun dari kendaraan kepresidenan langsung menemui warga yang telah menanti dia di pinggiran jalan.

Presiden juga menyambangi warga yang menunggunya di dalam tenda yang sebagian besar merupakan ibu-ibu dan anak.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden menyaksikan pembagian sejumlah bantuan antara lain Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Pemberian Makanan Tambahan, dan Program Keluarga Harapan.

Dalam sambutannya Jokowi mengingatkan masyarakat yang mendapatkan fasilitas kartu bantuan sosial agar memanfaatkan dana yang didapat untuk keperluan pendidikan maupun kebutuhan kesehatan.

"Uang itu penggunaannya bukan untuk beli rokok suami, tidak boleh," kata Jokowi mengingatkan penggunaan dana itu kepada para orang tua yang hadir.

Selain kartu bantuan sosial, Presiden juga menjelaskan kegunaan dari pemberian makanan tambahan untuk peningkatan kebutuhan gizi anak.

Dengan kesehatan dan gizi anak yang terpenuhi, Indonesia memiliki generasi muda yang cerdas dalam pembangunan pada masa 30 tahun yang akan datang, ujar Presiden.



Bagikan sepeda

Jokowi pun mengundang tiga anak yang memiliki prestasi pendidikan di sekolah maupun bidang olahraga yaitu Firgi siswa kelas 6 SD Pajajaran, Ahmad yang menjuarai futsal tingkat Kecamatan Mandala Jati dan Rendi Bayu, siswa SD Muhammadiyah 5 yang memenangi kejuaraan silat tingkat Jawa Barat pada 2015.

Kepala Negara memberikan sepeda kepada para anak yang memiliki prestasi tersebut.

Presiden juga memberikan sepeda kepada dua orang tua bernama Ecin dan Lukman yang masing-masing ditanyai nama-nama suku dan melafalkan Pancasila.

Kemudian Presiden juga mencari siswa yang hafiz Alquran dan siswa yang maju bernama Muhamad Asyad dari PKBM Raharja.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menanyakan tujuh nama provinsi kepada siswa SMKN 12 bernama Adi Setiawan.

Kedua siswa tersebut juga mendapatkan sepeda dari Presiden.

Masyarakat begitu antusias saat Jokowi membagikan sepeda kepada tujuh orang tersebut dengan tepukan tangan dan sorakan meriah.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan tingkat gizi di Provinsi Jawa Barat baik gizi kurang, anak pendek dan balita kurus berada di bawah angka nasional.

Menkes mengapresiasi capaian tersebut, namun juga mengingatkan agar Provinsi Jabar dapat mencapai angka status kesehatan gizi yang diminta oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017