Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membentuk Forum Relawan Siaga Bencana yang akan membantu kegiatan penanggulangan bencana di ibu kota.

"Saya berharap forum ini akan terus berkembang dan semakin baik ke depannya. Forum ini juga sekaligus meningkatkan partisipasi dan kemitraan antara masyarakat dengan pemerintah," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Pembentukan Forum Relawan Siaga Bencana DKI Jakarta itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Husein Murad menuturkan forum tersebut beranggotakan 37 organisasi penggiat penanggulangan bencana yang akan aktif membantu BPBD DKI Jakarta.

"Dalam forum itu, BPBD DKI Jakarta sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terpadu," tutur Husein.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan penanganan bencana tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, tetapi diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan lainnya.

"Dalam forum ini, kami ingin menjadikan relawan sebagai mitra pemerintah daerah dalam pengurangan risiko bencana, sehingga bencana dapat ditangani dengan cepat dan tepat," ungkap Husein.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017