Libur panjang, jalur Puncak padat

Libur panjang, jalur Puncak padat

Kendaraan antre memasuki jalur wisata kawasan Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/3/2017). (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Masyarakat kami imbau untuk tetap sabar dalam antrian. Mengikuti arahan dari petugas di lapangan, juga mengantisipasi terjadi penguncian arus
Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalur Puncak dilaporkan padat pada Jumat, sehingga diberlakukan sistem satu arah untuk mengurai antrean kendaraan.

"Kami memperkirakan terjadi peningkatan arus lalu lintas sekitar 30 persen dari hari libur akhir pekan biasanya," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat AKP Hasby Ristama.

Ia menjelaskan, sejak pagi hingga siang, terjadi antrean kendaraan yang bergerak dari arah Jakarta menuju Puncak hingga di KM 41.

Petugas telah memberlakukan upaya untuk mengurai kepadatan dengan memberlakukan sistem satu arah, sejak pukul 07.00 WIB.

"Kita lakukan sistem satu arah dari pukul 07.00 sampai 11.00 WIB diprioritaskan kendaraan dari Jakarta menuju Puncak," katanya.

Sistem satu arah dihentikan mulai pukul 12.00 WIB, dan rencananya kembali diberlakukan pada 14.30 dengan prioritas untuk kendaraan menuju Puncak.

"Sistem satu arah kami berlakukan situasional, karena arus lebih padat menuju arah Puncak, maka diprioritaskan untuk kendaraan dari arah Jakarta. Tetapi ini bisa berubah melihat situasi di lapangan," katanya.

Pada saat libur panjang akhir pekan ini, lanjut Hasby, Polres Bogor Kabupaten mengerahkan 200 orang personel untuk mengatur arus lalu lintas di sepanjang jalur Puncak.

Menurut Hasby, kemacetan di jalur Puncak sudah tidak terhindarkan lagi, terutama saat akhir pekan maupun libur panjang.

Kawasan Puncak menjadi lokasi wisata alternatif bagi masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi untuk mengisi liburan.

"Kami juga tidak menyarankan untuk menggunakan jalur alternatif, karena konturnya yang sempit dan tidak datar, akan kesulitan bila terjadi kemacetan," kata Hasby menambahkan.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Jalur Puncak ditutup, kendaraan dialihkan ke Simpang Ciawi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar