AsiaNet 68198

TOKYO, 18 April 2017 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) -- 

Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NTT) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Indonesia) meluncurkan "APAC Telecom Innovation Initiative (ATII)", inisiatif penelitian dan pengembangan kolaboratif, pada 17 April, untuk menciptakan layanan jaringan internet terbaru di Asia Pasifik setelah tahun 2020, yang berfokus pada teknologi infrastruktur virtual. Peluncuran ATII dihadiri oleh Senior Vice President Head of NTT Information Network Laboratory Group, NTT, Tadashi Ito, dan Executive General Manager (EGM) Digital Service Division, Telkom Indonesia, Arief Mustain, di Tokyo pada 17 April. Inisiatif ini akan mengembangkan berbagai studi teknis dan proof of concepts (PoC) terkait spesifikasi dan persyaratan pengembangan layanan internet baru di era virtualisasi, dan bertujuan untuk memperluas inisiatif ini dengan menggandeng beragam mitra, termasuk para operator layanan internet, yang memiliki tujuan yang sama. 

Kini, para operator internet di kawasan Asia Pasifik menghadapi berbagai isu yang sama seperti tantangan bencana alam (gempa bumi, angin topan, dll) dan permintaan/spesifikasi traffic internet yang berbeda-beda karena cakupan distribusi populasi yang tidak seimbang (pertumbuhan/berkurangnya populasi penduduk) dengan kondisi geografi yang cenderung sama yaitu kepulauan di kawasan APAC. Oleh karena itu, ATII akan menghadirkan berbagai layanan dan teknologi baru yang akan memenuhi kebutuhan konsumen di pasar Asia Pasifik. Lebih jauh lagi, ATII berupaya untuk mempercepat lahirnya inovasi dan menciptakan pasar baru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar dapat memberi manfaat kepada masyarakat banyak. Hal ini berorientasi pada pengembangan teknologi berkelanjutan melalui kerjasama dan promosi dengan berbagai mitra di kawasan Asia guna mendukung terwujudnya visi Asia Pasifik sebagai pasar yang memimpin perekonomian dunia di masa depan.

Dengan mempertimbangkan kondisi pasar Asia Pasifik, berbagai studi teknis dan PoC kolaboratif akan dilaksanakan dengan fokus pada kesegeraan dan ketersediaan berbagai teknologi infrastruktur virtual guna membantu mengembangkan beragam layanan jaringan internet yang fleksibel dan efisien. Sebagai langkah awal, berikut adalah tiga proyek yang telah dijalankan:
1. Layanan internet bernilai tambah tinggi
2. Virtualisasi platform server
3. Virtualisasi Jaringan Internet Akses yang Fleksibel

ATII akan segera memulai studi teknis kolabortif dan berencana untuk mempublikasikan laporan resmi tentang persyaratan, spesifikasi, dan hasil PoC. Selain itu, ATII akan bekerja sama membagikan segala temuannya kepada sejumlah organisasi pengembang standar (SDO) dan aliansi industri terkait dan mengembangkan lebih banyak aktivitas ATII.

ATII berharap dapat melakukan uji lapangan dengan berbagai operator internet dan mitra di pasar-pasar negara berkembang yang pada akhirnya akan melahirkan beragam layanan komersial yang didasarkan pada pengalaman dari studi dan PoC ATII.

Tentang NTT
NTT Group menyediakan teknologi canggih dan berbagai solusi jaringan internet, komunikasi, perangkat lunak, dan cloud computing inovatif yang membantu mentransformasikan dunia bisnis, pemerintah, dan masyarakat di seluruh dunia. NTT Information Network Laboratory Group mengelola litbang teknologi jaringan internet untuk berkontribusi terhadap pengembangan platform jaringan informasi yang mampu menghubungkan semua hal. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi  http://www.ntt.co.jp/inlab/e/index.html

Tentang Telkom Indonesia
Telkom Group adalah BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi yang juga merupakan operator telekomunikasi dan jaringan internet terbesar di Indonesia. Telkom Group menyediakan beragam layanan telekomunikasi kepada jutaan konsumen, yang diantaranya meliputi telepon darat, internet Wi-Fi, telepon seluler, jaringan internet, serta layanan interkoneksi dan paket internet. Telkom Group juga menyediakan beragam layanan lain di bidang informasi, media, dan edutainment, seperti managed services berbasis cloud dan server, pembayaran elektronik, IT enabler, e-commerce, dan portal lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.telkom.co.id/en/


SUMBER: Nippon Telegraph dan Telephone Corporation
        PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017