Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menilai peringatan Hari Kartini masih relevan hingga saat ini karena pemikiran dan perjuangannya menjadi simbol kesetaraan gender di Indonesia.

"Sehingga kita harus betul-betul memperingati untuk menyegarkan kembali tentang kesetaraan tadi. Harus kembali diingatkan karena sampai ini masih ada ketimbangan gender di kita," katadia, di Bandung, Jumat.

Menurut dia, generasi saat ini harus bisa mengapresiasi bagaimana perjuangan seorang Raden Ajeng Kartini dengan segala pemikirannya yang sudah sangat maju di zamannya agar kaum perempuan bisa mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki seperti hak mendapatkan pendidikan yang layak.

Selain RA Kartini, lanjut dia, ternyata masih ada sosok-sosok perempuan hebat lainnya di Indonesia yang juga memperjuangkan hak-hak perempuan seperti RA Laksminingrat.

"Jauh sebelum RA Kartini, di Garut kita punya sosok RA Laksminingrat yang juga berjuang untuk kesetaraan gender. Tapi memang Kartini yang paling populer," kata dia.

Dia juga memberikan apresiasi terhadap pembuatan film "Kartini" yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diperankan oleh aktris "Dian Sastrowardoyo".

"Film tentang Kartini sudah dua kali dibuat, pertama dibuat oleh Sjuman Jaya dan diperankan oleh Jenny Rachman dan kedua dibuat oleh Hanung dan diperangkan Dian Sastro," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017