Santiago (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang Chile tengah pada Senin (24/4) menurut lembaga survei geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS).

Gempa yang terjadi pukul 18.30 (2130 GMT) itu berpusat di sekitar 38 kilometer di lepas pantai kota resor Valparaiso pada kedalaman 9,8 kilometer menurut USGS.

USGS awalnya menyatakan mendeteksi gempa berkekuatan 7,1 skala Richter, tapi kemudian menurunkan kekuatannya.

Pihak berwenang mendesak warga untuk menjauhi daerah pesisir sebagai tindakan pencegahan sesaat setelah gempa melanda, namun membatalkan perintah tersebut ketika tidak ada ombak besar.

Sementara itu, ONEMI, badan tanggap darurat nasional Chile, menyatakan bahwa tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau korban luka akibat gempa tersebut.

Chile berada pada apa yang disebut sebagai "Cincin Api"--lengkung patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik yang rawan mengalami gempa dan letusan gunung berapi.

Bagian utara negeri itu dihantam gempa dengan magnitudo 8,3 disertai tsunami pada September 2015, menyebabkan 15 orang tewas.

Pada 2010 gempa dengan magnitudo 8,8 disusul tsunami melanda bagian tengah dan selatan negeri itu dan menewaskan 500 orang lebih menurut warta kantor berita AFP. (mr)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017