Tangerang (ANTARA News) - Pengusaha ritel di Kabupaten Tangerang, Banten, menggandeng pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Balaraja untuk mengembangkan bisnis secara berdampingan sehingga perekonomian setempat menjadi tumbuh.

"Kami juga memberikan pelatihan tentang tips mengamati tren pasar yang sedang berkembang," kata Deputi Branch Alfamart Balaraja Enday Rohmat di Tangerang, Sabtu.

Enday mengatakan perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selalu pengelola swalayan mini Alfamart dan Alfamidi sangat peduli dengan pelaku ritel tradisional.

Dia mengatakan berbagai materi diajarkan kepada pelaku UMKM seperti manajemen pemasaran, pengaturan barang, manajemen keuangan serta ritel modern.

Menurut dia, ritel tradisional harus memiliki daya saing yang kuat sehingga dapat berkembang dan tumbuh sejajar dengan pelaku ritel modern.

Pelatihan tersebut bertujuan agar pelaku UMKM dapat memahami manajemen ritel modern agar tidak ditinggalkan oleh konsumen.

Sedangkan kedua pelaku usaha itu harus tetap bersinergi serta tumbuh bersama alam program Outlet Binaan Alfamart (OBA).

Dia menambahkan program OBA juga menyediakan layanan pesanan antar barang dengan harga khusus bagi anggota.

"Kami juga melakukan bedah warung, ini sejalan dengan misi perusahaan berorientasi pada pemberdayaan pedagang kecil," katanya.

Untuk itu, pedagang kecil perlu dibekali manajemen ritel modern supaya mempunyai daya saing serta tidak mudah menyerah dalam berusaha.

Pedagang kecil juga harus jeli mengamati tren pasar, bahwa apa jenis usaha yang sedang diminati konsumen, maka itu adalah peluang usaha.

Pewarta: Adityawarman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017