Jambi (ANTARA News) - Beberapa anak Orang Rimba yang bermukim di kawasan pinggiran jalan lintas Kabupaten Bungo mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Menurut Kordinator Unit Pendidikan Orang Rimba KKI Warsi, Shasa, Senin, ada tiga anak Orang Rimba yang akan mengikuti UN Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 2,3,4 dan 8 Mei.

Seri Santoso, Edison dan Juliana, ia melanjutkan, akan mengikuti ujian nasional di SMP Negeri 1 Pelepat, Kabupaten Bungo.

"Mereka itu berasal dari kelompok Orang Rimba Salim," katanya, menambahkan anak-anak itu mengikuti pendidikan reguler dan berbaur dengan anak-anak warga setempat.

Selain itu ada lima anak Orang Rimba yang mengikuti ujian nasional tingkat sekolah dasar pada 8-12 Mei, di antaranya Ali dan Suma dari kelompok Sargawi, serta Laru dan Murat dari kelompok Jelitai.

"Untuk yang ujian nasional tingkat sekolah dasar, mereka akan melaksanakan dan telah terdaftar di SD 198/II di Dusun Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo," kata Shasa.

Kordinator Divisi Komunikasi KKI Warsi Sukma Reni mengatakan anak-anak itu sudah mengikuti pendidikan formal di sekolah.

"Dari segi pelajaran dan mengerjakan soal tidak ada masalah, karena mereka itu kan di pendidikan sekolah formal," kata Reni.

Warsi memfasilitasi mereka mendaftar ke sekolah formal terdekat dan memberikan kelengkapan sekolah seperti sekolah, alat tulis dan buku.

"Kita membangun jaringan ke sekolah-sekolah dan fasilitator pendidikan Warsi terus memantau perkembangan pendidikan anak Orang Rimba itu," katanya.


Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017