Latihan bersama marinir Indonesia-AS di Situbondo

Latihan bersama marinir Indonesia-AS di Situbondo

Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman (kedua kanan) memberikan ucapan selamat kepada prajurit USMC sesaat setelah memimpin upacara pembukaan Latihan Bersama di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Senin (1/5/2017). Latihan yang akan berlangsung hingga 4 Mei 2017 tersebut bertujuan meningkatkan hubungan baik kedua negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan US MARFORFAC sesama prajurit Marinir (Marines Brotherhood). (ANTARA FOTO/Serka Mar Kuwadi)

Situbondo (ANTARA News) - Komandan Pasmar-1 (Komandan Pasukan Marinir) Brigjen TNI (Mar) Lukman membuka acara latihan bersama antara Marinir Indonesia dan Marinir Amerika Serikat (US MARFORPAC) di Pusat Latihan Tempur Marinir 5 Baluran , Desa Sumberwaru, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

"Latihan bersama antara Marinir Indonesia dan Marinir Amerika Serikat di Kecamata Banyuputih, ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 1 hingga 4 Mei 2017, dan ini adalah rangkain latihan yang puncaknya akan dilaksanakan pada Agustus 2017," katanya seusai acara pembukaan latihan bersama Korps Marinir Indonesia-Marinir Amerika Serikat di Situbondo, Senin.

Ia mengemukakan, latihan bersama tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik serta taktik raid amfibi dan pengintaian pantai bagi personel Korps Marinir.

Dengan mencermati perkembangan situasi keamanan global dunia saat ini, katanya, yang semakin kompleks munculnya berbagai ancaman dari negara mana saja dan sasaran lintas negara, sehingga mendorong pemikiran negara-negara untuk menjalin kerja sama keamanan guna mengatasi hal tersebut.

"Dengan mempelajari ancaman serta gangguan baik global maupun regional di Kawasan Asia Tenggara, maka perlu menjalin kerja sama antaranegara di bidang militer guna menjaga stabilitas keamanan," katanya.

Lukman menyampaikan, beberapa serial latihan baik berupa pengintaian pantai maupun raid amfibi dalam latihan bersama Korps Marinir Indonesia dan Marinir Amerika Serikat (US MARFORPAC) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan profesionalisme kedua belah pihak.

"Kalau jumlah personel dari Marinir Amerika Serikat ada tujuh orang (perwira) dan selama latihan bersama disini mereka akan saling berbagi pengalaman terkait dengan taktik raid amfibi dan pengintaian amfibi," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto / Zumrotun Solichah
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar