Dua jenis bunga raflesia mekar bersamaan di Bengkulu

Dua jenis bunga raflesia mekar bersamaan di Bengkulu

Pengunjung mengamati bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar di Kawasan Hutan Lindung Bukit daun Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, (28/12). (FOTO ANTARA News/A. Suwanto)

Bengkulu (ANTARA News) - Dua jenis bunga raflesia yakni Rafflesia arnoldii dan Rafflesia gadutensis mekar bersamaan pada dua lokasi berbeda di kawasan hutan Provinsi Bengkulu.

"Satu bunga raflesia itu mekar sempurna adalah jenis Rafflesia arnoldii di hutan lindung Bukit Daun, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan satu lainnya jenis Rafflesia gadutensis di hutan Kabupaten Bengkulu Utara," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan, di Bengkulu, Selasa.

Dua lokasi bunga mekar itu, menurut Sofian, rutin dipantau anggota kelompok peduli raflesia.

Bunga Rafflesia arnoldii yang mekar di kawasan hutan lindung Bukit Daun, Kabupaten Bengkulu Tengah ditemukan anggota kelompok peduli raflesia Desa Taba Teret.

Lokasi bunga mekar berada di kawasan hutan yang merupakan jalur lintas Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang dan Rejanglebong itu, membuat pengguna jalan lintas ini berkesempatan turun ke dalam hutan sejauh 50 meter untuk melihat bunga unik dan langka tersebut.

Bunga berdiameter mencapai 80 sentimeter itu diperkirakan masih dapat disaksikan hingga dua hari ke depan.

"Kelompok peduli raflesia sudah membuat pengumuman di sisi jalan raya untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi bunga yang sedang mekar itu," kata Sofian lagi.

Sedangkan satu bunga jenis Rafflesia gadutensis yang ukurannya lebih kecil dari jenis Rafflesia arnoldii ditemukan mekar di dalam kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara.

Bunga tersebut ditemukan mekar pada Senin (1/5) oleh anggota KPPL Bengkulu Utara dan kini dibuka untuk umum.

Lokasi bunga mekar, kata Sofian, lebih strategis karena berada dalam kawasan objek wisata air terjun Palak Siring Kemumu.

"Pengunjung bisa menikmati keunikan bunga raffesia sambil menikmati air terjun Palak Siring," katanya.

Sofian menambahkan bahwa hingga saat ini ada empat jenis (spesies) bunga raflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu, yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis, dan Rafflesia hasselti.


Baca juga: (Rafflesia berkelopak enam mekar di Bengkulu tengah)

Baca juga: (Dua Rafflesia arnoldii mekar di Bengkulu Tengah)

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar