Yogyakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Tono Suratman melantik pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia DIY masa bakti 2017-2021 di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

Hadir dalam pelantikan itu, Gubernur DIY Sultan HB X, ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY periode sebelumnya GBPH Yudhaningrat, ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana, serta jajaran pejabar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah DIY.

"Saya berharap bisa memberikan perubahan yang baik terhap pelatih maupun etletnya dalam ajang kompetisi olahraga nasional maupun internasional," kata Tono Suratman dalam sambutannya.

Ia meyakini pengurus KONI DIY baru saat ini lebih mampu memajukan cabang-cabang olahraga di DIY. Hal itu, menurut Tono, didukung oleh sosok ketua KONI DIY yang baru, Hadianto Ismangun yang dinilai memiliki pengalaman yang kuat di bidang olahraga prestasi.

"Kami tidak meragukan figur beliau. Beliau adalah pemimpin olahraga yang memiliki segudang pengalaman di bidang olahraga prestasi, khususnya sepak bola," kata Tono.

Ia juga berharap KONI DIY dapat mengembangkan para atlet semua cabang olahraga dengan menggunakan metode "sport science" atau pengembangan atlet lewat kajian ilmu pengetahuan.

Menurut Tono, pengurus KONI DIY bisa menjalin kerja sama dengan sejumlah kampus di DIY untuk mengembangkan "sport science". "Di Yogyakarta memiliki banyak kampus sehingga bisa disinergikan. Sport science yang bagus diperlukan oleh atlet bukan hanya bermodal otot saja," kata dia.

Gubernur DIY Sultan HB X berharap pengurus KONI DIY yang baru agar memiliki kesiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 yang akan berlangsung di Papua. Sultan berharap agar KONI DIY saat ini mampu melanjutkan prestasi pendahulunya yang mampu membawa DIY masuk 10 besar pada PON 2016.

"Meskipun PON 2020 masih panjang namun agar kita memiliki persiapan dari sekarang," kata dia.

Sementara itu, ketua KONI DIY Hadianto Ismangun optimistis mampu memajukan prestasi olahraga DIY di kancah nasional maupun internasional, didukung keberadaan para atlet yang memiliki segudang prestasi baik nasional maupun internasional. "Prestasi itu bisa kami tingkatkan kembali karena kami memiliki atlet-atlet nasional maupun internasional," kata dia.

Hanya saja, Hadianto berharap kesiapan SDM itu juga tetap membutuhkan dukungan Pemda DIY melalui peningkatkan penyediaan saran prasarana olahraga di daerah itu. "Kami berharap akan ada peningkatan sarana penunjang yang dibutuhkan," kata dia.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017