London (ANTARA News) - Legenda hidup Liverpool Kenny Dalglish diabadikan namanya dalam salah satu tribun atau stand di Stadion Anfield sebagai bukti pengakuan atas sumbangsihnya kepada klub ini baik sebagai pemain maupun sebagai manajer.

The Reds mengatakan Centenary Stand akan segera diubah namanya tahun ini dengan nama pria Skotlandia yang sudah berusia 66 tahun itu pada peringatan hari jadi ke-125 klub Liverpool.

Pemilik Liverpool John W Henry menyebut penamaan kembali stand itu sebagai bukti kebesaran sejarah dan status Liverpool.

Henry menyebut Dalglish yang kini direktur non eksekutif klub, unik karena mencapai keagungan sebagai pemain dan sebagai manajer.

"Sumbangsih Kenny untuk Liverpool jauh di luar gol-gol yang diciptakannya, poin dan piala. Nilai dia adalah nilai Liverpool, dia mewakili apa yang terbaik dari klub sepak bola ini," kata Henry seperti dikutip Reuters.

Dalglish bergabung dengan Liverpool dari Celtic pada 1977 dan sudah 515 kali memperkuat Liverpool dengan mencetak 172 gol. Dia juga dua masa melatih Liverpool.

Pria yang dijuluki "King Kenny" ini telah mempersembahkan delapan trofi juara liga, tiga Piala Eropa, dua Piala FA, lima Piala Liga dan satu Piala Super UEFA kepada Anfield.

Dia pernah memimpin amal usai bencana Hillsborough 1989, menghadiri pemakaman dan memimpin eulogi setelah 96 pendukung 96 meninggal dunia akibat Stadion Sheffield roboh sebelum semifinal Piala FA melawan Nottingham Forest, demikian Reuters.


Baca juga: (Gol Can perbesar peluang Liverpool ke empat besar)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017