Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta logistik yang disiapkan untuk pengungsi korban bencana harus terpenuhi dan bergizi.

"Logistik yang disiapkan tidak sekedar cukup tetapi juga cukup kalori dan bergizi. Jangan sampai pengungsi tidak mendapatkan layanan yang baik," kata Khofifah di Jakarta, Kamis.

Kementerian Sosial mencatat jumlah pengungsi akibat bencana alam hingga triwulan pertama 2017 mencapai 961.714 jiwa.

Sementara jumlah korban meninggal mencapai 146 jiwa. Ada pun jumlah rumah yang rusak akibat bencana mencapai 11.559 unit. Jumlah kejadian dalam kurun triwulan pertama 2017 sebanyak 884.

Mayoritas korban akibat bencana puting beliung, banjir, dan tanah longsor yang terjadi akibat anomali musim dan statistiknya cenderung meningkat.

"Oleh karena itu, perlu peran serta semua pihak untuk mengatasi para pengungsi, tidak terkecuali lembaga internasional dalam skala yang besar," katanya.

Khofifah juga mendorong pemerintah daerah melalui institusi kebencanaan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk swasta dan individu baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan demikian pelayanan terhadap pengungsi jauh lebih konprehensif, efektif, dan efisien. Baik saat pra bencana, bencana, maupun pemulihan pasca bencana.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017