San Francisco (ANTARA News) - Facebook Inc kini menjadilebih tergantung kepada pasar iklan online, sekalipun pesaingnya Google menemukan landasan baru keuangannya, yakni hardware dan software.

Belum lama ini Facebook melaporkan bahwa 98 persen dari pendapatkan triwulanannya berasal dari iklan, naik dari 97 persen dibandingkan setahun sebelumnya dan 84 persen pada 2012. Pendapatan dari non iklan anjlok menjadi 175 juta dolar AS pada triwulan pertama, dari 181 juta dolar AS yang dicapai setahun lalu.

Facebook sudah diingkatkan mengenai bakal turunnya pendapatan non  iklan dan ini hampir seluruhnya merupakan player video game pada komputer desktop yang terpangkas akibat migrasi game dari desktop ke smartphone.

Ketergantungan FB kepada iklan adalah keprihatan lama dan kini saatnya mencari sumber pendapatan lain selain bisnis iklan intinya, kata Clement Thibault, analis senior pada Investing.com.

"Kira harus ingat bahwa ini masih tetap bisnis baru. Ini bukan seperti bisnis gaya lama sehingga perlu segera bergeser," kata dia seperti dikutip Reuters.

Selasa lalu harga saham Facebook mencatat tingkat tertinggi 153,60 dolar AS per saham Selasa pekan ini sebelum anjlok pada 150,85 dolar AS per saham hari ini.

Pengalaman FB ini berbeda terbalik dengan Google di mana pemasukan dari non iklan seperfti layanan awan dan ponsel pintar Pixel, mencatat kenaikan 49,4 persen menjadi 3,1 miliar dolar AS pada triwulan pertama tahun ini. Sektor ini menyumbang 13 persen dari total pendapatan Google, padahal setahun lalu menyumbang 10 persen dari total pendapatan.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017