Sembalun, NTB (ANTARA News) - Pelari Thailand Chatchai Ananpattarachai berhasil memenangi kompetisi lari lintas alam Rinjani 100 kategori 60 kilometer, mengalahkan 109 peserta lainnya.

Chatchai berhasil menyentuh garis finis di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu, setelah berlari selama 14 jam 53 menit 55 detik. Dia berhasil melampaui rekor sebelumnya yang dipegang pelari Prancis Vincent Calias dengan waktu 16 jam 30 menit 18.

"Kompetisi ini sangat sulit dan menantang, tetapi juga menyajikan pemandangan yang indah," ujar dia setelah mencapai garis finis.

Persiapan Chatchai menuju kompetisi juga tak mudah karena dirinya harus melakukan latihan intensif di negara asalnya.

"Di sini cuaca sangat dingin dan berangin. Belum lagi halangan ilalang. Namun saya sudah mempersiapkan diri di Thailand," tutur dia.

Sementara, di belakang Chatchai, pelari Indonesia Renaldy Firdaus dengan catatan waktu 15 jam 10 menit 40 detik.

Rinjani 100 kompetisi lari lintas alam internasional yang diikuti oleh 502 peserta dari 28 negara, termasuk Indonesia, yang diadakan mulai Jumat (5/5) sampai Minggu (7/5).

Kejuaraan yang melewati puncak Gunung Rinjani ini mempertandingkan empat kategori yaitu 27 kilometer, 36 kilometer, 60 kilometer dan 100 kilometer.

Kategori 60 kilometer dimulai pada 23.30 WITA, Jumat (5/5) di Senaru, meliputi rute menyusuri tepian Segara Anakan dari lereng Senaru ke puncak Gunung Rinjani.

Total ketinggian yang ditempuh pelari kategori ini adalah 5,32 kilometer, yang mesti ditaklukkan maksimal selama 20 jam.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017