Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memanggil 18 atlet putra dan 18 atlet putri untuk mengikuti pemusatan pelatihan nasional jelang SEA Games 2017 di Malaysia, pada Agustus.

"Badan tim nasional bola voli telah memantau para atlet dan pelatih sejak Pekan Olahraga Nasional 2016, kejuaraan Livoli 2016, serta Proliga 2017. Mereka akan segera berlatih pada Minggu (14/5)," kata Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

PBVSI, lanjut Imam, akan memilih 12 atlet dari 18 atlet yang dipanggil untuk berangkat ke Malaysia pada masing-masing tim putra dan tim putri.

"Kami akan memilih 12 pemain putra dan 12 pemain putri untuk berangkat ke SEA Games pada awal Juni sesuai dengan batas waktu pendaftaran atlet oleh Komite Olimpiade Indonesia," kata Imam.

Delapan belas atlet bola voli putra nasional yang dipanggil PP PBVSI adalah Sigit Ardian dari klub TNI AU, Rendy Febriant Tamamilang dari klub Samator, Doni Haryono (PPLP), Agung Seganti (Pertamina), Gunawan Saputra (M2), Hernanda Zulfi (Indomaret), Antho Bertiyawan (Yuso), Rivan Nurmulki (Samator), dan Dimas Saputra (BNI Taplus).

Kemudian, Aji Maulana (TNI AD), Dio Zulfikri (PPLP), Muhamad Ridwan (Pasundan), Galih Bayu Saputra (Samator), Mahfud Nurcahyadi (Samator), Yayan Riyanto (Pasundan), Ramzil Huda (TNI AU), I Kadek Juliadi (SBV), dan Delly Dwi Putra Heryanto (M2).

Sementara, 18 atlet putri terdiri dari Aprilia S. Manganang dari tim Alko, Novia Andriyanti dari Pertamina, Megawati Hangestri (Bank Jatim), Wilda S. N. Sugandi (Alko), Agustin Wulandari (Tectona), Asih Titi Pangestuti (Bank Jatim), Putri Andya Agustina (Wahana), Nandita Ayu Salsabila (Bharata), dan Arsela Nuari Purnama (Popsivo).

Kemudian, Tri Retno Mutiara (Wahana), Yolana Betha Pangestika (Elektrik), Berllian Marsheilla (Elektrik), Rika Dwi Latri (Petrogres), Yola Yuliana (Alko), Hany Budiarti (TNI AU), Novriali Yami (TNI AU), Shinta Aini Fathurrahmi (Pertamina), dan Wahida Muntaza Arifin (Wahana).

Selain 36 atlet putra dan putri itu, PP PBVSI juga memanggil 10 ofisial yang terbagi dalam lima ofisial untuk masing-masing tim putra dan tim putri.

Nanang Masbudi dari klub Bhayangkara sebagai manajer tim putra nasional. Sedangkan manajer tim putri nasional akan dipegang Rudi Iskandar dari BVN Jawa Barat.

Putut Marhaento dari klub Yuso sebagai pelatih kepala tim putra dan tim putri. Samsul Jais Hakim dari klub Bina Cijaura menjadi pelatih tim putra dan Risco Herlambang klub Wahana sebagai pelatih tim putri.

Tiga puluh enam atlet itu akan berlatih di Sentul Jawa Barat untuk mencapai target medali emas bagi tim putra dan medali perak bagi tim putri.

"Kami akan memberikan sanksi berupa skorsing keikutsertaan dalam kejuaraan nasional selama setahun jika atlet-atlet itu mangkir dari panggilan pelatnas," kata Imam.


Baca juga: (16 tim voli rebutkan Piala Danjen Kopassus)

Baca juga: (Proliga ajang seleksi pemain proyeksi SEA Games 2017)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017