Manado (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI Karyanto Suprih meminta masyarakat khususnya di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tidak khawatir karena stok kebutuhan pokok cukup aman dan terkendali.

"Kebutuhan pokok baik di tangan distributor ataupun pedagang di Manado sangat banyak," kata Karyanto usai inspeksi mendadak(Sidak) di Pasar Tradisional Bersehati Kota Manado, Rabu.

Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir jelang Ramadhan dan Idul Fitri karena selain stok tersedia cukup banyak, harga juga relatif stabil.

"Harga beras, gula pasir, minyak goreng dan lain-lain masih dalam kondisi aman," jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw mengatakan pengawasan dan pemantauan akan terus dilakukan.

"Kami telah membentuk tim pemantauan harga yang turun ke lapangan setiap hari ," katanya.

Sehingga, katanya, jika terjadi gejolak harga akan segera diantisipasi, baik pasokan stok maupun hargayany.

"Koordinasi dengan kabupaten kota akan intens dilakukan sehingga, ketersediaan kebutuhan pokok tetap terjaga dengan baik," katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan rutin dengan diatributor, untuk meyakinkan agar tetap tersedia.

(T.KR-NCY/G004)

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017